Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formasi Kursi DPRD Jabar Kemungkinan Berubah, Ini Kata Ridwan Kamil

Kompas.com - 22/05/2019, 16:07 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Formasi kursi DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) kemungkinan besar berubah. Dari hasil penghitungan suara internal beberapa partai politik, ada empat partai yang mendulang suara terbanyak yakni, Partai Gerindra, PDI-P, PKS dan Golkar.

Adapun Partai Gerindra, berpotensi besar menguasai kursi pimpinan DPRD yang kini diduduki PDI-P.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku belum mendapat laporan resmi soal hasil penetapan anggota DPRD Jabar terpilih. Namun, ia menilai akan ada pergeseran tampuk pimpinan DPRD merujuk hasil penghitungan suara.

"Saya belum mendapat laporan karena masih lama kalau enggak salah pelantikannya bulan September atau Oktober. Tapi kalau dari berita membuktikan bahwa rakyat Jawa Barat per lima tahun selalu mengalami pergeseran jadi tidak ada partai yang bisa dua periode mendominasi Jawa Barat," ujar Emil, sapaan akrabnya di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Rabu (22/5/2019).

Baca juga: Soal Hasil Pemilu, Ridwan Kamil Ucapkan Selamat untuk Jokowi-Maruf

Menurut dia, kondisi ini menunjukan jika masyarakat Jabar sangat responsif terhadap isu kekinian.

"Saya kira itu menunjukkan rasionalitas pemilih di Jawa Barat ideologinya datang dari isu-isu kekinian," ujarnya.

Soal potensi Partai Gerindra menguasai kursi pimpinan DPRD, ia menilai hal itu tak jadi kendala. Meski bukan partai pengusung, Emil tetap optimis seluruh elemen legislatif bisa berkolaborasi membangun Jabar.

"Harapannya dinamika itu sama saja. Jadi bukan soal koalisi Pilgub atau bukan tapi sama-sama membangun kesejahteraan rakyat Jabar dengan formasi yang baru," ucap Emil.

"Dulu waktu saya jadi Wali Kota saya minoritas jumlah partai pengusung. Tapi dikelola saja dengan komunikasi untuk memastikan perkembangan pembangunan Jabar baik dan lancar," jelasnya. 

Baca juga: Ridwan Kamil Harap Elite Politik Nasional Turun Tangan Redam Demo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com