Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya SIM, Polres Banjar Gratiskan Pembuatan SKCK untuk Juli, Djuli, atau Lahir 1 Juli

Kompas.com - 30/06/2019, 10:11 WIB
Candra Nugraha,
Khairina

Tim Redaksi

BANJAR, KOMPAS.com - Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Banjar, Jawa Barat digratiskan untuk warga yang bernama Juli, Djuli, atau yang lahir 1 Juli. SIM gratis ini sebagai apresiasi untuk warga Kota Banjar saat perayaan HUT ke-73 Bhayangkara.

"Kami memberi apresiasi, ini bentuk tali asih kepada warga," jelas Kapolres Banjar Ajun Komisaris Besar Yulian Perdana saat ditemui di Banjar, Minggu (30/6/2019).

Baca juga: SIM Gratis bagi Warga Bernama Juli atau Lahir 1 Juli

Dengan pemberian SIM gratis, tambah Yulian, diharapkan dapat mempererat hubungan Polri dengan warga. Selain itu warga lebih familier dengan kepolisian dan mengetahui bahwa 1 Juli itu Hari Bhayangkara.

"Kita berharap masyarakat lebih terbuka, familier ke kita, ngasih masukan dan kritikan," ujar Yulian.

Baca juga: Libur dan Cuti Bersama Lebaran, Ini Perubahan Jadwal Pelayanan SIM

Rupanya bukan hanya pengurusan SIM yang gratis. Kapolres Banjar juga menggratiskan permohonan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

"Syaratnya bernama Juli, atau lahir 1 Juli. Kalau Yuli enggak bisa karena huruf awal Y. Harus J. Bisa juga Djuli, boleh. Ejaan lama," jelas Yulian.

Dia menyampaikan, SIM dan SKCK gratis tidak diberikan begitu saja. Pemohon tetap harus mengikuti ujian teori dan praktik.

"Tetap harus ujian," kata Yulian.

Dia juga berharap, adanya SIM gratis khusus edisi HUT ke-73 Bhayangkara ini bisa memotivasi para pengendara kendaraan bermotor agar semakin memiliki kesadaran untuk tertib berlalu lintas di jalan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com