Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Kondisi Stadion GBLA yang Rusak dan Tidak Terawat...

Kompas.com - 17/07/2019, 20:41 WIB
Putra Prima Perdana,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage belakangan ini ramai diberitakan rusak tidak terawat.

Kompas.com mencoba menelusuri informasi itu dengan mendatangi langsung Stadion GBLA.

Dari pantauan di lokasi, tampak beberapa bagian stadion rusak terutama di bagian luar. Beberapa titik di tembok tribun penonton juga mengalami keretakan. Tangga penghubung VVIP dan lapangan juga terlihat ada bagian yang menganga.

Baca juga: Tanggapan Oded soal Tawaran Ridwan Kamil Kelola Stadion GBLA yang Rusak

Di luar Stadion GBLA, suasana tidak terawat juga terlihat. Lahan parkir ditutupi ilalang setinggi dua meter. Beberapa petunjuk jalan di parkiran hancur, toilet yang bau dan rusak parah serta dipenuhi botol-botol minuman keras, hingga tembok pembatas antara stadion dan perumahan warga yang jebol.

Bagian luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang tidak terawat. PUTRA PRIMA PERDANA Bagian luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang tidak terawat.
Di salah satu bagian parkir juga terlihat bekas tumpukan sampah yang dibakar.

Wali Kota Bandung Oded M Danial yang datang langsung mengunjung stadion GBLA, Rabu (17/7/2019), mengakui bahwa bagian luar stadion tidak terawat.

“Kalau di dalam cukup terpelihara. Cuma yang di luar (kurang terawat) sehingga rumputnya tinggi,” kata Oded seusai kunjungan.

Baca juga: Stadion GBLA Rusak, Ridwan Kamil Bilang Kalau Gak Sanggup Serahkan Ke Pemprov

Selain Oded, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang ikut meninjau Stadion GBLA juga mengakui bagian luar tidak terperhatikan.

“Dalamnya sudah terawat. Di luar itu (tidak terawat) karena belum bisa digunakan karena tidak sempat dibersihkan,” ungkapnya.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung mengunjungi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Rabu (17/7/2019) PUTRA PRIMA PERDANA Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung mengunjungi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Rabu (17/7/2019)
Yana menjelaskan, tidak terawatnya bagian luar stadion dikarenakan anggaran pemeliharaan untuk Stadion GBLA dari Pemkot Bandung terbilang kecil.

“Anggaran pemeliharaan Rp 1,2 miliar per tahun, tapi anggaran itu untuk pemeliharaan di dalam. Karena (pemeliharan) rumput juga mahal dan listrik juga mahal,” ujarnya.

Mendengar informasi kerusakan Stadion GBLA, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat menawarkan agar pengelolaan stadion itu dilimpahkan ke Pemprov Jabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com