Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bandung, Got Akan Disulap Jadi Wisata Air

Kompas.com - 08/08/2019, 15:27 WIB
Putra Prima Perdana,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya menghadirkan daya dukung lingkungan hidup yang nyaman bagi warga Kota Bandung. Salah satunya adalah penyediaan air bersih di beberapa wilayah.

Untuk itu Pemkot Bandung bakal menyulap got di koridor Jalan Guntursari Wetan, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, menjadi area wisata air.

Pemkot Bandung menggandeng unsur kewilayahan untuk menjernihkan air di sepanjang drainase tersebut.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, selain wisata air, di lokasi tersebut nantinya dilengkapi dengan ekosistem air dan lahan untuk menanam sayuran.

“Setelah airnya dijernihkan, nantinya area drainasenya akan dibibit (disebar bibit) ikan-ikan. Di sekelilingnya akan ditanami beraneka ragam sayuran,” kata Yana, Kamis (8/8/2019).

Baca juga: Indekos dengan Kamar di Bawah 10 Unit Juga Bakal Dikenakan Pajak

Yana berharap lewat kolaborasi masyarakat dan Pemkot Bandung, ke depan setelah rampung lokasi wisata tersebut bisa dijaga keasriannya oleh masyarakat sekitar

“Harus diaga bersama. Semoga wisata ini nantinya memiliki nilai ekonomis serta daya dukung lingkungan, minimal bagi masyarakat sekitar area ini,” tuturnya.

Yana menargetkan pembangunan area wisata air dan tanaman di koridor jalan seluas 400 meter tersebut bisa selesai bulan depan.

“Nanti kita bisa lihat hasilnya. Dengan terciptanya area ini sebagai tempat ekosistem ikan dan tumbuhan, maka daya dukung lingkungan di Kota Bandung meningkat. Ya, buktinya ikan saja bisa hidup begitu,” ujarnya.

Baca juga: Penyandang Tunanetra di Wyata Guna Bandung Terancam Terusir

Ramalis Subandi, peneliti perkotaan dari Yayasan Tunas Nusa menyebutkan, pembangunan area wisata air baru ini memiliki potensi untuk meningkatkan ketahanan air dan ketahanan pangan di Kota Bandung.

“Selain airnya jernih, di sana juga ada beberapa unsur pangan seperti ikan dan sayuran yang akan ditanam. Dengan ini, ketahanan pangan dan ketahanan air bersih yang menjadi problem Kota Bandung bisa selesai,” ujar Ramalis.

Jika berhasil, lanjut Ramalis, rencananya area wisata air ini akan menjadi pilot project untuk diterapkan di beberapa wilayah di Kota Bandung.

Sampai saat ini ada dua titik area wisata air yang sedang dibangun oleh Pemkot Bandung yait Wetland Cisurupan dan Babakan Irigasi Pagarsih di Pasar Uleukan, Astanaanyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com