Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Izinkan Perempuan Telanjang Dada di Kolam Renang Umum

Kompas.com - 12/08/2019, 13:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN

BARCELONA, KOMPAS.com - Pemerintah Barcelona menyatakan perempuan boleh datang ke kolam renang sambil telanjang dada menyusul adanya keluhan adanya sikap diskriminatif.

Grup Mugrons Lliures mengajukan keluhan atas inkonsistensi soal aturan izin boleh tidak mengenakan apa pun di bagian atas ketika berenang di kolam publik.

Baca juga: Telanjang Dada Saat Video Call WhatsApp, Mahasiswi Jadi Korban Pemerasan

Keluhan itu kemudian berbuah penyelidikan yang dipaparkan akhir Juni. Diketahui masih ada sejumlah kolam renang yang melarang perempuan telanjang dada.

Karena itu seperti dilansir CNN, pemerintah Barcelona mengirim nota berisi imbauan supaya mereka menghargai persamaan gender dan tidak melarang perempuan untuk lebih terbuka.

Juru bicara dewan kota menuturkan, tidak ada aturan tertulis soal apa yang harus perempuan pakai di kolam renang. Namun diskriminasi gender dilarang.

Juru bicara itu menjelaskan bahwa berenang dalam keadaan bugil di tubuh bagian atas bukanlah hal baru bagi penduduk kota terbesar kedua di Spanyol itu.

"Di banyak kolam publik, adalah hal normal bagi perempuan untuk datang dan berenang dalam keadaan telanjang dada. Jadi ini bukan hal baru," katanya.

Mugrons Lliures merayakan imbauan itu melalui kicauan di Twitter bahwa Barcelona sekarang merupakan wilayah yang "egaliter" sekaligus "merdeka".

Barcelona dikenal sebagai destinasi wisata yang populer berkat makanannya yang inovatif, arsitektur bangunan yang unik, serta hiburan malam yang legendaris.

Ditambah dengan pantai yang indah dan berjarak hanya 15 menit berjalan kaki dari gang-gang kusut area tertua kota, serta lebih tenang di bagian utara.

Baca juga: Majalah Ini Didenda Rp 1,5 M karena Foto Telanjang Dada Kate Middleton

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com