Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jabar Apresiasi Pemuda yang Bantu Polisi Terbakar di Cianjur

Kompas.com - 19/08/2019, 14:25 WIB
Agie Permadi,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Polisi mengapresiasi siswa SMK Pasundan Cianjur yang membantu anggota polisi yang terbakar saat mengawal aksi mahasiswa di Cianjur.

Pemuda yang diketahui bernama M Ridwan Suryana (18) itu memberikan minum Aiptu (sekarang Ipda) Erwin Yudha Wildani, yang saat itu dalam kondisi lemas usai terbakar.

"Kami mengapresiasi tindakan kemanusian yang bersangkutan, yang merupakan SMK Pasundan Cianjur, karena berjiwa kemanusian dan sosial tinggi," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (19/8/2019).

Sebelumnya, foto Ridwan saat sedang memberikan air minum sambil memangku kepala polisi di tengah situasi kacau itu tersebar luas.

Ridwan mengatakan, hal tersebut dilakukannya secara spontan.

Pasalnya, saat itu Ridwan tengah menjalani magang atau praktik kerja lapangan (PKL) di kantor staf wakil bupati di lingkungan Pendopo.

“Saya tidak punya maksud apa-apa, saat itu saya spontanitas saja ingin menolongnya, karena kasihan melihat Bapak itu sendirian mengerang kesakitan,” tutur Ridwan.

Sebelumnya, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengatakan, polisi telah menyiapkan penghargaan khusus untuk siswa SMK Pasundan Cianjur kelas XII jurusan Akuntansi itu.

“Penghargaan diberikan sebagai bentuk terima kasih atas kepedulian dan ketulusannya memberikan pertolongan kepada anggota kami, Aiptu Erwin yang sekarang naik pangkat menjadi Ipda,” kata Soliyah kepada wartawan, Jumat (16/8/2019) petang.

Aksi unjuk rasa gabungan elemen mahasiswa di depan gerbang Pendopo Bupati Cianjur, Kamis (15/08/2019) siang, berujung ricuh.

Seseorang melemparkan cairan diduga bensin ke kerumunan.

Saat itu, petugas sedang berupaya memadamkan api dari aksi bakar ban yang dilakukan massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com