Selalu Licin Saat Diringkus, Spesialis Penipu Sopir Taksi Online Akhirnya Tertangkap Juga

Kompas.com - 08/11/2019, 15:29 WIB
kapolsek Bandung Wetan, Kompol R.Budi Triyono tengah memperlihatkan barang bukti pelaku penipuan transportasi online, saat ungkap kasus di Mapolsek Bawet, Kota Bandung, Jumat (8/11/2019). KOMPAS.COM/AGIE PERMADIkapolsek Bandung Wetan, Kompol R.Budi Triyono tengah memperlihatkan barang bukti pelaku penipuan transportasi online, saat ungkap kasus di Mapolsek Bawet, Kota Bandung, Jumat (8/11/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku spesialis penipuan yang kerap membawa kabur kendaraan transportasi daring hingga angkutan barang dengan modus sewa kendaraan. Adapun pelaku diketahui berinisial AI warga Cikutra, Kota Bandung.

Pelaku sendiri cukup licin lantaran baru kali ini bisa ditangkap setelah melakukan penipuan di beberapa daerah di Jawa Barat hingga luar Jawa.

Polsek Bandung Wetan saja sudah menerima empat laporan, yakni pada 24 Juli 2018, 28 Juli 2018, 8 Oktober 2019, dan 28 Oktober 2019.

"Di kami ada empat laporan," kata Kapolsek Bandung Wetan Kompol R Budi Triyono saat ungkap kasus di Mapolsek Bawet, Kota Bandung, Jumat (8/11/2019).

Modus pelaku

Modus yang dilakukan pelaku ini berpura-pura menyewa ataupun meminjam kendaraan untuk kemudian dibawa kabur.

Kendaraan yang dibawa pelaku bervariasi, biasanya target pelaku adalah kendaraan sewa seperti angkutan barang hingga taksi online.

Baca juga: Ini Motif Pelaku Pembunuhan Sopir Taksi Online di Bogor

Pada aksinya yang terakhir, pelaku menipu seorang pengendara taksi online. Saat itu tersangka menyewa transportasi online dari Semarang ke Solo pada Sabtu, 26 Oktober 2019, sekitar pukul 03.45 WIB. "Itu tarifnya masih online," kata Budi.

Dari Solo, kemudian pelaku mengajak korban mengantarkannya ke Bandung dengan harga sewa offline sebesar Rp 1,3 juta. Korban pun menyepakatinya dan mengantarkannya ke Bandung.

Sesampainya di Bandung, tepatnya di Taman Radio, pelaku meminjam kendaraan korban dengan alasan akan menjemput pacar karena mobilnya yang diparkir terhalang kendaraan lain.

"Tanpa curiga korban menyerahkan kunci kemudian mobil langsung dibawa (kabur) ke Majalengka oleh pelaku," kata Budi.

Di daerah Sumedang, pelaku bahkan sempat mengganti pelat nomor kendaraan korban dengan pelat nomor palsu yang dibuatnya di pinggir jalan. "Di Sumedang tersangka mengganti pelat nomor dari letter A menjadi letter Bandung," ucapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X