Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Maksud Wali Kota Bandung Bagi-Bagi Anak Ayam ke Siswa SD dan SMP

Kompas.com - 21/11/2019, 15:29 WIB
Putra Prima Perdana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Wali Kota Bandung Oded M Danial memulai program uji coba bagi-bagi anak ayam kampung kepada siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Bagi-bagi anak ayam itu dilakukan dalam kegiatan Bandung Menanam Jilid I di Kolam Retensi Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/11/2019).

Jumlah anak ayam yang dibagikan mencapai 2.000 ekor dan disebar ke 12 sekolah tingkat SD dan SMP di Kecamatan Cibiru dan Kecamatan Gedebage.

Baca juga: 15.000 Bibit Pohon Produktif Ditanam Serentak di Kota Bandung

Oded meralat tujuannya membagikan anak ayam kepada siswa sekolah tingkat SD dan SMP.

Awalnya dia menyebut program 'chickenisasi' bertujuan mengalihkan kecanduan anak-anak sekolah dari kecanduan ponsel dan perangkat elektronik.

Saat memberikan sambutan dalam kegiatan kali ini, Oded justru mengatakan bahwa program tersebut justru berupaya bersinergi dengan program revolusi mental yang digaungkan Presiden Joko Widodo.

"Kenapa Mang Oded melakukan chickenisasi kepada siswa. Sekali lagi saya sampaikan program chickenisasi ini bukan semata- mata mengalihkan perhatian anak dari gadget. Tapi ini sebuah konsep yang dihadirkan di Kota Bandung, sebagai respons positif program pusat yakni revolusi mental. Ini adalah turunannnya," kata Oded, Kamis siang.

Oded berharap, setelah anak ayam dibagikan, rasa tanggung jawab akan tumbuh dalam diri siswa.

"Harapan saya sederhananya kalau anak dikasih tanggung jawab memelihara ayam, tumbuh dimensi edukasi mencintai hewan itu paling tidak," tutur dia.

Baca juga: Subuh-subuh, Seorang Pria di Bandung Pamer Kemaluan di Depan Wanita

Selain itu, Oded meyakini akan timbul pula kedisiplinan dari para siswa yang diberi tanggung jawab memelihara ayam.

Namun, hal tersebut juga perlu dibarengi dengan kesediaan orangtua siswa untuk mendampingi anak-anaknya dalam masa memelihara ayam.

"Sebelum sekolah kasih makan, pulang sekolah kasih makan. Akan ada kedisiplinan di situ," kata Oded.

Oded juga berharap setelah anak ayam tumbuh besar, bisa bermanfaat untuk keluarga yang memelihara.

"Bahkan mungkin anak-anak nanti tercipta jiwa entrepreneur.  Kalau dikasih anak ayam 2 ekor harganya Rp7.000 ribu perak. Enam bulan akan datang, lebaran, enggak usah beli ayam. Potong saja ayamnya," kata Oded.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com