Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DRPD Jabar Wacanakan Pembelian Helikopter, Ini Kata Ridwan Kamil

Kompas.com - 06/01/2020, 14:00 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil angkat bicara soal wacana pembelian helikopter yang digulirkan oleh DPRD Jabar. Ia pun menunggu respons masyarakat soal wacana tersebut.

Hal ini disampaikan Ridwan Kamil atau Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui usai Sidang Paripurna bersama DPRD Jabar, di Jalan Diponegoro, Senin (6/1/2020).

"Kita lihat saja dalam pembahasannya apakah rakyat melihat itu perlu atau tidak. Kalau nanti datang dari gubernur takut keliru," kata Emil. 

Ia mengatakan, dalam konteks kebencanaan kebutuhan armada udara cukup dibutuhkan merujuk pada kondisi bencana saat ini di mana banyak daerah yang sulit diakses.

Baca juga: Jalur Distribusi ke Lebak Terputus, BNPB Kirim Logistik Pakai Helikopter

Bahkan, dalam kunjungannya ke wilayah bencana beberapa hari lalu, banyak titik yang tak bisa ia akses lewat moda transportasi darat.

"Tapi yang pasti kalau ada bencana yang sifatnya bersamaan jaraknya itu jauh-jauh, makanya kemarin saya bagi-bagi tugas kan. Saya ke mana, Sekda ke mana, Pak Wagub ke mana," kata Emil. 

"Pak Wagub juga aprak-aparakan ke gunung terkendala longsor, sehingga ke titik lokasi juga gak sampai. Saya kira itu, tapi itu inisiatif dewan tolong disampaikan," tutur Emil.

Baca juga: DPRD Jabar Wacanakan Pembelian Helikopter untuk Pemprov

Wacana beli helikopter

Seperti diberitakan, DPRD Jawa Barat mulai membahas wacana pembelian helikopter untuk Pemprov Jawa Barat.

Hal itu mencuat dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan tahun 2019-2020 di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Senin (6/1/20120).

Pembahasan itu muncul saat anggota Fraksi Partai Demokrat Irfan Suryanagara menyampaikan interupsi saat sidang berjalan.

Irfan mengapresiasi respons Pemprov Jabar yang langsung turun ke lapangan tak lama setelah bencana terjadi.

"Saya apreasiasi gubernur yang segera meluncur ke lokasi bencana di Depok, Bekasi, Bogor dan Karawang. Walaupun kedatangan sahabat gubernur tentu sangat diharapkan oleh masyarakat terdampak bencana," kata Irfan disela sidang.

Baca juga: Ridwan Kamil Tinjau Lokasi Banjir di Bekasi dan Bogor dengan Helikopter

Melihat banyaknya titik bencana, Irfan menilai ada kendala bagi pemerintah untuk menjangkau warga terdampak melalui transportasi darat.

"Gubernur kan sosok suka dan duka masyarakat Jabar. Kami berharap Pemprov Jabar bekerja maksimal untuk penanggulangan bencana di Jabar," kata dia.

"Masalah gubernur terkendala jadwal di lapangan. Silakan dipikirkan moda transportasi apa yang bisa mempercepat sahabat gubernur datang ke rakyat." 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com