Setelah 36 Tahun, Akhirnya Lokomotif Pertama Tiba di Stasiun Garut...

Kompas.com - 24/01/2020, 09:31 WIB
Setelah 36 tahun non-aktif, jalur Cibatu-Garut kedatangan lokomotif pertama kalinya tiba di Stasiun Garut. Dok HUMAS PT KAI DAOP 2 BANDUNGSetelah 36 tahun non-aktif, jalur Cibatu-Garut kedatangan lokomotif pertama kalinya tiba di Stasiun Garut.

BANDUNG, KOMPAS.com – Setelah 36 tahun non-aktif, jalur Cibatu- Garut kedatangan lokomotif pertama kalinya tiba di Stasiun Garut.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, lokomotif tersebut merupakan rangkaian uji teknis sebelum dioperasikannya kereta pada jalur reaktivasi Cibatu-Garut sepanjang 19.5 km.

“Sebelumnya juga telah dilaksanakan uji coba menggunakan kereta kerja sebanyak dua kali yaitu 19 Januari 2020 dan 21 Januari 2020, " ujar Noxy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu-Garut Diuji Coba Januari 2020

Noxy menjelaskan, uji coba dilakukan Kamis (23/1/2020). Dalam uji coba tersebut, lokomotif CC 2017723 berangkat dari Stasiun Cibatu pukul 11.09 WIB dan tiba di Stasiun Garut pukul 12.17 WIB.

Uji coba dilakukan untuk mengecek jalur dan menguji kekuatan rel dengan sarana yang paling berat yakni lokomotif. Kecepatan lokomotif dalam uji coba ini 20-25 kilometer per jam.

"Alhamdulillah uji coba lokomotif berjalan lancar dari Stasiun Cibatu, Stasiun Pasir Jengkol, Stasiun Wanaraja, dan berakhir di Stasiun Garut, " imbuh Noxy.

Baca juga: Aktivasi KA Cibatu-Garut Jadi Ajang Nostalgia dan Pengalaman Baru

 

Warga antusias

Warga berebut berfoto bersama lokomotif kereta yang baru tiba di Stasiun Garut Kamis (23/001/2020) usai lokomotof melakukan ujicoba rel Cibatu-GarutKOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG Warga berebut berfoto bersama lokomotif kereta yang baru tiba di Stasiun Garut Kamis (23/001/2020) usai lokomotof melakukan ujicoba rel Cibatu-Garut
Noxy memperkirakan, jalur Cibaru-Garut ini akan dilakukan akhir Januari atau awal Februari 2020. 

“Mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat, semoga PT KAI bisa segera melayani masyarakat Garut dan sekitarnya menikmati perjalanan menggunakan kereta api,” imbuhnya.

Baca juga: Kereta Cibatu-Garut Beroperasi Awal 2020

Ia pun merasa bahagia, karena saat uji coba, masyarakat sekitar stasiun sangat antusias melihat kereta loko pertama di sana setelah 36 tahun ditutup.

Berita sebelumnya, PT KAI mereaktivasi 4 jalur yang sudah tutup.

Keempat jalur itu di antaranya, Cibatu-Garut, Banjar-Pangandaran, dan Rancaekek-Tanjungsari.

Baca juga: Kisah Kereta Cibatu-Garut, Ditumpangi Charlie Chaplin hingga Kejayaan Belanda

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X