Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terendam Banjir, PLN UID Jabar Putus Sementara Aliran Listrik di 712 Gardu

Kompas.com - 25/02/2020, 09:37 WIB
Reni Susanti,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.comBanjir yang mengguyur Jawa Barat dan sekitarnya membuat sejumlah daerah seperti Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Purwakarta terendam banjir.

GM PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat Agung Nugraha mengatakan, untuk memastikan kondisi keamanan listrik di daerah tersebut, pihaknya memadamkan listrik untuk sementara waktu.

“Ada 712 gardu yang dipadamkan. Itu juga dilakukan untuk memastikan masyarakat yang terdampak banjir aman (dari sengatan listrik),” tutur Agung saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Baca juga: Ledakan di Gardu Induk PLN Kemarin Sebabkan Pemadaman Listrik dan 2 Pekerja Terluka

Agung mengimbau, masyarakat mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB), serta mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung ke stop kontak.

Selain itu, segera menghubungi call center 123 atau unit layanan PLN terdekat untuk memadamkan daerah yang terdampak banjir.

Setelah banjir surut, warga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 untuk dinyalakan kembali. Pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering.

“PLN akan memastikan semua jaringan distribusi aman untuk dapat dioperasikan kembali untuk menyalurkan listrik ke lokasi pelanggan,” katanya.

Baca juga: PLN Jabar Lakukan Pemadaman Listrik di Wilayah Terendam Banjir

Dia menambahkan, sebanyak 621 gardu yang paling banyak dipadamkan di wilayah Bekasi meliputi Perumnas 1-3, Kranji, Vila Kartini Jalan Kalimalang, RS Mitra Bekasi Barat.

Kemudian gardu di Jalan Jend Ahmad Yani, Perum Kejaksaan, Jalan Agus Salim, kawasan pemkot, perum Taman Kebayoran, Perum Griya Utama, Perum Swarna, Rawa Bugel, Jalan Perjuangan , Teluk Pucung, Perum Rawalumbu, Jalan Raya Narogong.

Lalu di Pekayon, Perum Pondok Timur, Pondok Pekayon Indah, Perum Bojong Menteng, Jalan Sepanjang Jaya, Perum Grand Wisata, Mustika, Cimuning, Jati Wangi, Jalan Pejuang, Pesantren Ataqwa, Muara Bakti, Pantai Harapan, Jalan Wahab Afan.

Untuk wilayah Cikarang sebanyak 49 gardu dipadamkan meliputi, Jalan Raya Imam Bonjol, Perumahan Taman Aster, Villa Wanasari, Citra vila bojong, Daerah Selang, Kalimalang dan sekitarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com