Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kepala Daerah Positif Corona, Ridwan Kamil: Peserta Musda Hipmi di Karawang Segera Jalani Tes Kesehatan

Kompas.com - 24/03/2020, 18:48 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau peserta acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Karawang di Swiss-Bellin Hotel, Kabupaten Karawang pada 9 Maret 2020 lalu, untuk segera menjalani tes kesehatan.

Alasannya, tujuh peserta acara tersebut sudah dinyatakan positif virus Covid-19, termasuk Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

"Sehingga saya mengimbau semua yang hadir di acara Musda Hipmi yang mendengar suara saya di media agar segera melapor Dinkes di kota kabupaten masing-masing. Hari ini atau esok pagi segera untuk dilakukan tes yang alhamdulillah rapid tes sudah siap dilaksanakan mulai besok," jelasnya.

Baca juga: 4 Fakta Soal Wakil Wali Kota Bandung Positif Covid-19, Umumkan Lewat Instagram hingga Berangsur Membaik

Ridwan lalu menjelaskan, acara tersebut diduga menjadi pola baru penyebaran virus corona. Pendapat itu, menurut Ridwan, berdasar hasil uji laboratorium yang telah dilakukan kepada sejumlah peserta dalam seminggu terakhir. 

"Jadi kami betul-betul mengambil keputusan yang benar yaitu tes mandiri yang hasilnya bisa dicek oleh laboratorium kami sendiri selama seminggu ini. Hasilnya kami menemukan ada pola persebaran. Lebih dari tujuh orang terpapar positif adalah orang yang datang ke acara Musda Hipmi pada 9 Maret di Karawang termasuk Bupati Karawang terpapar positif," tutur Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar itu.

Seperti diketahui, tiga kepala daerah di Jawa Barat telah positif terinfeksi corona. Mereka adalah Bupati Karawang Cellica, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. 

(Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani | Editor: Farid Assifa) 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com