Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA Dibuka di Bandung Barat Tahun 2021, Bupati: Serap Pekerja dari 3 Desa

Kompas.com - 19/08/2020, 19:05 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan toko furniture asal Swedia, IKEA, telah berkomitmen untuk memprioritaskan menyerap tenaga kerja dari sekitar Kota Baru Parahyangan, lokasi toko IKEA Bandung.

"IKEA sudah begitu bicaranya, prioritas warga setempat dan tidak akan keluar dulu, " kata Aa Umbara saat menerima bantuan 500 paket sembako untuk warga terdampak Covid-19 di rumah pribadinya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (19/8/2020).

Aa Umbara mengatakan, warga Kabupaten Bandung Barat diprioritaskan untuk bekerja di toko IKEA yang akan mulai beroperasi pertengahan tahun 2021 mendatang berasal dari tiga desa.

"Yang sangat prioritas masuk tiga desa. Desa Kertajaya, Desa Cipendeuy dan Desa Cimerang. Harus sesuai keahlian yang dibutuhkan, kalau tidak ahli, baru cari dari luar. Tapi sangat prioritas itu (tiga desa)," ungkapnya.

Baca juga: IKEA Alam Sutera Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Check-In dengan Aplikasi

Selain menyerap tenaga kerja, IKEA juga telah berkomitmen untuk memberikan peluang kepada UMKM asal Kabupaten Bandung Barat.

"Bahkan nanti ada lebih buat UMKM kita bisa dipasarkan di sana. Ada beberapa ratus meter. Nanti kita ikuti cara IKEA, sekarang kita kumpulin dulu secepatnya (pemilik UMKM) kita panggil Dinas UMKM. Nanti UMKM yang hari inin pemasarannya kurang bagus, bisa tersalurkan dan bisa laku di sana," jelasnya.

Aa Umbara pun mengucapkan terima kasih kepada IKEA yang memberikan 500 paket sembako untuk warga Kota Bandung yang terdampak pandemi Covid-19.

Aa memastikan penyaluran bantuan tersebut akan tepat sasaran kepada masyarakat miskin baru atau masyarakat miskin lama yang beberapa bulan ke belakang tidak mendapat bantuan dari pemerintah.

"Bantuan ini akan disalurkan kepada orang yang betul-betul membutuhkan di kabupaten Bandung Barat. Tentunya ini sangat bermanfaat dalam wabah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih berjalan," jelasnya.

Aa mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan melalui pemerintah kecamatan dan pemerintah desa agar tepat sasaran.

"Ada camat kita undang, intinya jangan sampai ada masyarakat yang kelaparan. Karena camat dan kades yang lebih tahu yang miskin baru atau benar-benar miskin tapi kelewat. Kita sangat bersyukur karena hampir satu bulan ini enggak ada bantuan dari mana-mana. Alhamdulillah sekarang ada dari IKEA akan kita sebarkan lagi," tandasnya.

Baca juga: IKEA Alam Sutera Beroperasi Kembali, Ini Protokol Kesehatan yang Harus Dipatuhi

Di tempat yang sama, Diva Yohana, Store Manager IKEA Bandung mengatakan, pihaknya memastikan bakal menyerap sekitar 300 tenaga kerja dari tiga desa sesuai komitmen bersama Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

"Kurang lebih 300 karyawan yang akan kita rekrut di IKEA Kota Baru Parahyangan. Basicly background-nya retail atau warehouse. Intinya banyak keahlian yang akan kita serap," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com