Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Cegah Lonjakan Kendaraan pada Akhir Pekan di Bandung

Kompas.com - 04/03/2022, 15:19 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Jelang akhir pekan, wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kerap didatangi warga luar daerah untuk berlibur.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung Kompol Rislam Harfiah mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

"Kalau untuk weekend tentu sudah sesuai prosedur dan ketetapan ya, tidak hanya dalam rangka PPKM level 3 saja, bahkan saat tidak ada pandemi yang namanya protap tetap digelar," ujar Rislam saat ditemui, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Terungkap Identitas Mayat Perempuan yang Ditemukan di Lahan Kosong Arcamanik Bandung

Hingga saat ini, Polresta Bandung masih memberlakukan ganjil genap di beberapa ruas jalan di Kabupaten Bandung, terutama di gerbang keluar Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja).

"Baik di jalur protokol, arteri, terlebih di obyek wisata, khususnya di PPKM saat ini, kita laksanakan ganjil genap rutin. Jumat berlangsung pukul 16.00-18.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu dilaksanakan pada pukul 07.00-09.00 dan 16.00-18.00 WIB," tutur Rislam.

Baca juga: Klarifikasi KCIC Terkait Berita China Tetap Untung meski Kereta Cepat Jakarta-Bandung Balik Modal 40 Tahun

Menurut Rislam, selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, volume kendaraan menuju lokasi wisata masih normal.

Bahkan, mobilitas warga setempat juga tidak terlalu signifikan.

"Alhamdulilah ya, dari kemarin cenderung normal-normal saja. Mungkin masyarakat sudah paham ya, sekarang sedang tinggi Omicron, jadi tidak ada kenaikan volume kendaraan yang signifikan," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bandung Janji Bangun dan Perbaiki Jalan Kampung Cicendo Usai Videonya Viral

Meski demikian, Rislam mengimbau masyarakat supaya tidak memaksakan diri berlibur ke lokasi wisata.

Apabila terpaksa bepergian, masyarakat diminta taat protokol kesehatan.

"Kita juga menggelar Operasi Keselamatan Lodaya. Perintah Pak Kapolres, preventif itu dikedepankan, imbauan-imbauan terkait keamanan berlalu lintas. Kemudian soal protokol kesehatan, tidak hanya di jalur menuju lokasi wisata, tapi di lokasi lain, jadi kita mobile," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com