Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekda Kota Bandung: Kebakaran di RSUD Bandung Kiwari Sudah Padam

Kompas.com - 05/04/2022, 18:10 WIB
Putra Prima Perdana,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna memastikan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung telah berhasil menangani kebakaran yang terjadi di RSKIA Kota Bandung atau sekarang disebut RSUD Bandung Kiwari.

"Memang masih ada asap, tapi sudah bisa ditembus sehingga dampak ke satu lantai di atas dan di bawahnya tidak ada. Kita juga yakinkan ke kawan-kawan Damkar, sudah clear, apa yang saya lihat sudah tidak ada lagi titik api,” ucap Ema dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (5/4/2022).

Lebih lanjut Ema menambahkan, kebakaran terjadi di lantai 5, tepatnya di di ruangan penjernih udara atau ruangan pengendali udara. Berdasarkan info petugas Diskar PB yang diperoleh Ema, dari ruangan tersebut keluar asap yang mengepul sangat pekat.

Baca juga: Lantai 5 RSKIA Kota Bandung Terbakar

"Ternyata yang keluar versi teman-teman bukan api, asap pekat. Di lantai lima memang masih ada asap tapi sudah bisa ditembus dan kita yakinkan dampak ke lantai yang ada di atas dan di bawahnya tidak ada. Kita yakinkan dari Damkar, sudah clear, tidak ada titik kebakaran, kita yakinkan teman-teman masih lakukan investigasi," tuturnya.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas Direktur RSUD Bandung Kiwari Taat Tagore menjelaskan, pasien yang terdampak kebakaran kini sudah dievakuasi dan secara bertahap akan dikembalikan ke ruangan masing-masing.

Kendati ada gangguan, Taat memastikan pelayanan di RSUD Bandung Kiwari akan tetap berjalan.

“Saat kebakaran kebetulan tidak ada kegiatan (tindakan medis atau operasi). Evakuasi berjalan relatif lancar, karena pasiennya pun tidak banyak,” tandasnya.

Baca juga: Kebakaran di RSKIA Kota Bandung Diduga akibat Korsleting

Diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit Khusus Ibu Anak (RSKIA) Kota Bandung atau RSUD Bandung Kiwari yang berlokasi di Jalan Kopo, Kota Bandung, mengalami kebakaran pada Selasa (5/4/2022).

Kebakaran terekam oleh salah satu akun informasi Kota Bandung di media sosial instagram. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanegara saat dihubungi Kompas.com.

"Iya betul (kebakaran)," kata Ahyani, Selasa (5/4/2022) sore.

Lebih lanjut Ahyani menjelaskan, api sampai saat ini belum menjalar ke seluruh bagian rumah sakit.

"Kebakaran di lantai 5," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com