Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

820 Personel Polisi Kawal Demo Mahasiswa di Bandung

Kompas.com - 11/04/2022, 15:15 WIB
Agie Permadi,
I Kadek Wira Aditya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS com - Polrestabes Bandung siagakan 820 personelnya untuk mengawal aksi unjuk rasa mahasiswa di Bandung.

"Personel yang disiapkan sebanyak 820 personel ada Sabhara Brimob," kata Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Polisi Aswin Sipayung di lokasi unjuk rasa, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (11/4/2022).

Dalam aksi demo kali ini polisi juga melakukan rekayasa lalu lintas dan pengamanan.

"Lalin ada sebagian kecil yang kita alihkan, tidak semuanya, jadi hanya yang dekat lokasi saja, dan Gedung DPRD kita alihkan, supaya kegiatan mahasiswa lebih nyaman, menyampaikan aspirasinya, tidak mengganggu arus lalin," ucap Aswin.

Baca juga: Ratusan Mahasiswa Bakal Demo Depan Kantor Pemkab Bandung, Bupati: Jangan Sampai Anarkis

Dijelaskannya, rekayasa jalan ini hanya bersifat di area titik unjuk rasa saja.

"Jadi hanya lokasi Gesat (Gedung sate) yang kita lokalisir saja, selebihnya, Gedung DPRD hanya DPRD saja, selebihnya lancar seperti biasa, jadi menutup sebagian kecil saja," jelasnya.

Sementara itu, Wakasatlantas Polrestabes Bandung, Komisaris Polisi Andry menjelaskan bahwa dalam aksi demo mahasiswa ini, semua jalur berjalan normal seperti biasa.

"Untuk semua jalur kita normalkan ini kan sudah mulai baru berdatangan jadi memang sementara ini instruksi tidak ada penutupan, jalan semua mengalir seperti biasa, tidak pengalihan arus atau penutupan," ucapnya.

Baca juga: Toko Mutiara Kitchen di Bandung Kebakaran, Kerugian Ditaksir Capai Rp 3 Miliar

Dalam mengawal aksi mahasiswa ini, polisi melakukan penjagaan ketika mahasiswa bergerak.

"Pengawalan mahasiswa kita hanya melakukan penjagaan disimpang, kalau pergerakan dia kita kawal dia kan berjalan kaki, lokasi pertama kedua 200 meter, kita lakukan pengawalan kalau mahasiswa mau. Kita siapkan pengawalan karena dari teman-teman," ucapnya.

Sementara itu, saat ini mahasiswa dari berbagai universitas dan organisasi kemahasiswaan mulai berdatangan dan berkumpul di satu titik yakni di depan Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat.

Para mahasiswa masih menyuarakan aspirasi yang sama dengan yang disuarakan mahasiswa lainnya, yakni tentang wacana jabatan presiden tiga periode, bahan pokok yang naik, dan tuntutan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com