Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral "Bakso Tikus" di Karawang, Hasil Lab Negatif, Disebut Bagian Urat Daging Sapi

Kompas.com - 14/05/2022, 06:12 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Sebuah video yang merekam bakso yang diduga terbuat dari daging tikus viral di media sosial setelah diunggah akun TikTik @leogirl631.

Disebutkan bakso tersebut dijual di salah satu penjual bakso di Karawang.

Akun @leogirls tersebut tak menyebut jika bakso tersebut dari tikus. Namun dari video yang diunggah, banyak warganet yang penasaran. Mereka mengira potongan daging yang diunggah adalah bagian dari ekor tikus.

Unggahan tersebut kini sudah hapus. Terkait video tersebut, polisi pun langsung turun tangan.

Baca juga: Viral Bakso Tikus di Karawang, Ini Hasil Uji Lab Polisi

 

Menurut Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, pihaknya menggandeng laboratorium Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Karawang untuk mengambil sampel bakso yang diduga daging tikus untuk diuji.

"Kemarin sempat heboh soal bakso yang berisi daging tikus dari salah satu postingan tiktok. Kemudian kita mengambil langkah cepat untuk mencari kebenaran. Sejumlah sampel bakso yang diduga berisi daging tikus itu kemudian kita uji lab," kata Aldi, Jumat (13/5/2022).

Hasil dari laboratorium, dipastikan jika sampel bakso negatif daging tikus. Hal tersebut disampaikan oleh Siti Komalaningsih, Subkoordinator Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmav).

Baca juga: Viral Bakso Tikus, Tak Terbukti dan Berakhir Damai

Ia memastikan bakso terbuat dari daging sapi dan menyebut bagian yang diduga daging tikus adalah bagian dari urat daging sapi.

"Kemarin kami bersama kementerian pertanian bersama tim laboratorium balai pengujian mutu dan sertifikasi produk asal hewan menguji spesies tikus dari tanggal 12 dan bukan ekor tikus atau negatif daging tikus. Mungkin itu bagian urat daging sapi,” katanya.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Farida Farhan | Editor : Reni Susanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com