Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Karawang Ajak Penyandang Disabilitas Jadi Penyelenggara Pemilu

Kompas.com - 22/06/2022, 22:36 WIB
Farida Farhan,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang berharap warga penyandang disabilitas lebih aktif terlibat dalam penyelenggaraan pemilu.

Ketua KPU Karawang Miftah Farid mengatakan bahwa dalam konstitusi, semua berkedudukan sama.

"Kami tunggu peran aktif bapak ibu dalam setiap kesempatan dan momentum pemilu ke depan," kata Farid pada acara sosialisasi tahapan pemilu tahun 2024 dengan kelompok disabilitas di Hotel Brits Karawang, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Dugaan Korupsi Dana Hibah Pilkada, Dua Bendahara KPU Fakfak Diperiksa

Karena itu, KPU Karawang membuka pintu keterlibatan kelompok disabilitas pada pemilu, baik sebagai pemantau, pengawas, hingga panitia penyelenggara.

Karena itu, pihaknya melakukan sosialisasi tahapan pemilu kepada kelompok penyandang disabilitas yang diikuti sekitar 60 orang.

Farid pun melihat antusias yang tinggi dari kelompok ini untuk terlibat dan menjadi bagian dari penyelenggara pemilu.

Keterlibatan penyandang disabilitas pada penyelenggaraan pemilu, kata Farid, sudah terlihat sejak 2015 pada pilkada serentak pertama, pemilihan bupati 2018, dan pemilu 2019. Misalnya sebagai tenaga add hoc maupun tenaga pendukung.

"Mudah-mudahan nanti temen-temen bisa masuk juga di tingkatan PPS (Panitia Pemungutan Suara) , PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) atau KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara)," ucap dia.

Baca juga: Ruang Bendahara KPU Kabupaten Fakfak Digeledah Kejaksaan, 50 Dokumen LPJ Dana Hibah Pilkada Disita

Seperti diketahui, tahapan pemilu 2024 telah dimulai sejak 14 Juni 2022. Adapun KPU Karawang saat ini tengah menyiapkan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com