Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

56 Persen Remaja di Bawah 15 Tahun di Perbatasan Bandung Mengaku Pernah Berhubungan Seks

Kompas.com - 05/07/2022, 15:13 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 56 persen remaja perempuan di salah satu kecamatan di Kota Bandung mengaku pertama kali berhubungan seks di luar nikah pada usia di bawah 15 tahun.

Angka tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan dokter spesialis jiwa RSIA Limijati, dr Elvine Gunawan SpKJ terhadap 60 remaja putri pada 2021 di salah satu kecamatan di perbatasan Kota Bandung.

"Dari 60 remaja, 56 persen mengaku mencoba melakukan hubungan seks pada usia di bawah 15 tahun," ucap Elivine kepada Kompas.com seusai acara Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB), Senin (4/7/2022).

Baca juga: 7 Persen Balita di Bandung Masuk Kategori Stunting, Penyebabnya Bukan Hanya Makanan

Elvine mengatakan, ada anak yang mengaku berhubungan seks pada usia 10 tahun. Kebanyakan di usia 14 tahun.

"Mayoritas disebabkan karena pergaulan. Mereka bergaul dengan orang dewasa dan mencoba melakukan hubungan seksual (dengan lingkungannya tersebut)," kata Elvine.

Akibatnya, beberapa di antara mereka hamil di usia yang muda. Beberapa remaja akhirnya terpaksa melakukan pernikahan dini. Sementara, secara usia mereka belum siap menjadi ibu rumah tangga. Apalagi membesarkan anak.

Elvine mengatakan, rendahnya pengetahuan seks sejak dini menjadi penyebab mereka melakukan hubungan intim. Mereka tidak tahu jika hubungan intim bisa menyebabkan kehamilan.

"Ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan stunting terus terjadi. Bagaimana stunting akan diatasi kalau pernikahan dini masih terjadi. Karena usia di bawah umur dia belum bisa ambil keputusan seperti apa," jelas dia.

Baca juga: Pernikahan Dini di Solo 140 Kasus, Hamil di Luar Nikah 5 Kasus selama 2021, Pandemi Covid-19 Jadi Faktor

Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Rendiana Awangga menuturkan, dia mendapati data tersebut di salah satu wilayah perbatasan Kota Bandung.

Dari informasi yang dihimpunnya, sebuah keluarga yang umur ibunya masih sangat muda ketika menikah cenderung memiliki anak lebih banyak.

Padahal perekonomian mereka tidak terlalu baik, alhasil edukasi yang didapat kurang maksimal dan berdampak pada pemenuhan gizi keluarga terutama sang anak.

"Makanya sekarang edukasi mengenai seks seharusnya bisa diberikan kepada remaja mungkin dari SMP atau SD juga," ujar Rendiana.

Pernikahan Dini Tinggi

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 mencatat, sekitar 8,81 persen anak perempuan di Kota Bandung yang usianya di bawah 16 tahun sudah menikah.

Kondisi ini bertentangan dengan Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 Pasal 7 ayat 1, syarat menikah untuk laki-laki minimal berusia 19 tahun dan untuk perempuan harus sudah berusia 16 tahun.

Pasal 6 ayat 2 berbunyi, jika menikah di bawah usia 21 tahun harus disertai dengan ijin kedua atau salah satu orangtua atau yang ditunjuk sebagai wali.

Baca juga: Kemenag Bantul Catat Pernikahan Dini Meningkat 3 Tahun Terakhir

Sedangkan menurut Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) usia pernikahan pertama idealnya adalah umur 21 hingga 25 tahun.

Rekomendasi BKKBN sesuai dengan hak pendidikan 12 tahun, juga diharapkan ketika menikah sudah memiliki kesiapan psikologis, kesehatan reproduksi serta kemapanan material dan mencegah meningkatnya pernikahan anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com