Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Umumkan Stadion GBLA Layak Gelar Pertandingan Persib dengan Penonton

Kompas.com - 22/07/2022, 15:35 WIB
Putra Prima Perdana,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kembali diizinkan menggelar pertandingan Persib Bandung dengan penonton sepanjang gelaran kompetisi Liga 1 tahun 2022-2023.

Pernyataan itu dilontarkan setelah Zainuddin memeriksa kelayakan GBLA bersama Ketua PSSI Mochamad Iriawan didampingi Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna dan Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono.

"Siang hari ini saya datang ke Bandung khusus untuk melihat stadion yang akan digunakan sebagai home base Persib Badung dan penyelenggaraan pertandingan kompetisi Liga 1 musim kompetisi 2002-2023. Dengan ini saya nyatakan GBLA layak menyelenggarakan pertandingan dan menjadi homebase Persib Bandung," kata Zainudin di Stadion GBLA, Gedebage Kota Bandung, Jumat (22/7/2022) sore.

Baca juga: Syarat dan Cara Pesan Tiket Online Pertandingan Liga 1 di GBLA

Zainudin mengatakan, peninjauan sengaja dilakukan untuk memastikan Stadion GBLA telah kembali siap untuk menggelar pertandingan Persib Bandung setelah tragedi meninggalnya tiga orang penonton di pintu masuk akibat berdesakan pada gelaran Piala Presiden.

Izin diberikan setelah ada teknis penyelenggaraan yang telah dirapatkan oleh jajaran panitia penyelengara pertandingan PT PBB dan Polda Jawa Barat yang sudah matang untuk pertandingan Persib Bandung di ajang Liga 1.

"Khusus GBLA kami harus bisa memastikan tentang kelayakan teknis, kenyamanan dan ketiga adalah pengamanan. Dari Polda Jabar telah memberikan penjelasan bahwa ini ada di wilayah tugas beliau. Kemudian juga tadi kita berkelilimg GBLA dan Pak Teddy menjelaskan perencanaan penjualan tiket secara online, sampai penonton keluar kembali ke tempat masing-masing," ungkapnya.

Baca juga: Tiket Liga 1 2022-2023 di Stadion GBLA Dijual Online, Syarat Wajib Vaksin Booster

Setelah meninggalnya tiga orang bobotoh Persib Bandung, Stadion GBLA disebut mendapat atensi khusus.

Untuk itu, dengan diizinkannya Persib Bandung menggunakan Stadion GBLA sebagai homebase dan penyelenggaraan pertandingan sepak bola kompetisi Liga 1, Zainuddin meminta Bobotoh mematuhi segala peraturan dari panitia penyenggara dan Polda Jawa Barat.

"Tentu pemerintah pusat bersama pemerintah daerah mengharapkan supaya pendukung, suporter Persib dan seluruh penonton mematuhi semua yang akan diterapkan oleh kepolisian dan Panpel karena hanya itu yang menjadi penguat GBLA diizinkan sebagai tempat melakukan pertandingan," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com