Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan Sekolah di Bandung Barat Ambruk Diterjang Puting Beliung

Kompas.com - 15/08/2022, 15:04 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Angin puting beliung memporak-porandakan sebuah bangunan sekolah di Kampung Ciluncat Hilir, RT 01 RW 10, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Peristiwa itu terjadi usai hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Bandung Barat.

Selang beberapa waktu, angin kencang menghantam sebuah bangunan Yayasan Munawwaratussaadah pada Minggu (14/8/2022) malam.

Ketua Yayasan Munawwaratussaadah A Setiawan mengatakan, akibat angin kencang itu fasilitas sekolah yakni berupa sebuah bangunan ambruk karena tak kuat menahan terjangan hujan deras dan angin kencang.

Baca juga: Diterjang Puting Beliung, Pondok dan Tiang Listrik di Tempat Wisata di Kampar Riau Roboh

"Kemudian pada malam harinya, sekitar pukul 20.00 WIB, hujan disertai angin kencang, sehingga menyebabkan satu bangunan untuk fasilitas anak-anak mengalami kerusakan," ujar Iwan saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (15/8/2022).

Bangunan yang mengalami ambruk itu merupakan bangunan yang biasa dipergunakan untuk pagelaran pentas seni, taman baca, dan tempat shalat.

Kerusakan itu berupa ambruknya bagian atap bangunan hingga rata dengan tanah, sehingga untuk sementara ini fasilitas tersebut tidak bisa digunakan.

"Bangunan itu sering digunakan untuk pentas seni dan taman baca anak-anak, termasuk tempat sholat. Untuk kerugiannya kurang lebih Rp 10 juta hingga Rp 15 juta dan saat ini sudah tidak bisa digunakan," sebut Iwan.

Iwan menjelaskan, sekolah di bawah Yayasan Munawwaratussaadah itu menampung sebanyak 155 siswa yang terdiri dari 75 siswa Paud dan 80 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

"Beruntung ruang kelas masih utuh sehingga aktivitas belajar mengajar bisa berjalan normal. Namun, siswa untuk sementara tidak bisa menggunakan bangunan yang rusak," kata Iwan.

Baca juga: Korban Puting Beliung Dapat Bantuan Bahan Makanan dan Tempat Tidur, Bantuan Rumah Rusak Masih dalam Pendataan

Bukan hanya kerusakan bangunan, angin puting beliung juga merusak aliran listrik di wilayah tersebut. Kabel listrik yang berada tak jauh dari sekolah tersebut mengalami putus.

"Jadi rusak itu hanya satu bangunan dan listrik sempat padam karena ada kabel yang terputus. Sampai saat ini listrik masih mati, tapi kami sudah memanggil PLN untuk melakukan perbaikan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com