Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disperindag Kabupaten Bandung Dukung G20, UMKM Harus Naik Kelas

Kompas.com - 21/09/2022, 07:44 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Bandung Dicky Anugrah mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung mendukung ekonomi berkelanjutan pada perhelatan forum Group of Twenty (G20).

"G20 ini pak Presiden berjenjang, kabupaten/kota juga harus melaksanakan. Pertama mencintai produk dalam negeri," kata Dicky dihubungi, Selasa (20/9/2022).

Sejauh ini, kata dia, Kabupaten Bandung memiliki banyak sekali produk lokal. Bahkan, beberapa sudah melenggang ke luar negeri.

Baca juga: Gubernur Koster Sebut Perhelatan G20 Belum Mampu Tekan Inflasi di Bali

"Tetapi bagaimana kita menjaga produk dalam negeri ini bisa dimanfaatkan untuk seluruh instansi," ujarnya.

Saat ini, Pemda Kabupaten Bandung sedang berupaya menampung para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pemasarannya melalui e-katalog.

"Jadi semua instansi harus membeli produk-produk UMKM. Sekarang e-katalog ada di daerah juga, tidak hanya di provinsi atau nasional," tuturnya.

Tak hanya itu, di Kabupaten Bandung, saat ini sudah ada 15.000 pelaku UMKM yang sudah terdata dengan pelbagai jenis produk.

Pihaknya, juga sedang berupaya untuk membuat data base berdasarkan klasifikasi UMKM dan berupaya membangun sentra-sentra di Desa.

Ia menambhakan, upaya-upaya tersebut selaras dengan misi Bupati Bandung, Dadang Supriatna untuk meningkatkan daya saing daerah.

"Agar UMKM ini naik kelas, tidak cukup sebagai pedagang tapi jadi pengusaha sampai jadi eksportir," ungkapnya.

Pihaknya berkomitmen memfasilitasi para pelaku UMKM dengan tujuan meningkatkan daya saing dalam ekonomi berkelanjutan.

"Kita akan fasilitasi sisi aspek kualitas kemasannya, standarisasi kualitas produksinya, labeling sampai perizinannya akan kita fasilitasi menuju IKM berdaya jual global," pungkasnya.

Baca juga: Di Candi Borobudur, Delegasi G20 Tanam Pohon yang Terpahat di Relief

Diketahui, G20 merupakan forum yang membahas krisis dan menciptakan pertumbuhan ekonomi global yang kuat dan berkesinambungan.

Negara yang tergabung dalam forum G20 yakni Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Pada 2022, Indonesia berkesempatan menjalankan peran menjadi tuan rumah dari perhelatan forum G20.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com