Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2022, 18:08 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sebuah pohon tumbang memutus Jalan Raya Bandung-Cianjur, tepatnya di Kampung Cibihbul RT 04 RW 11 Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Selasa (27/09/2022) sore.

Pohon tumbang itu menimpa satu unit tangki BBM yang tengah melintas di ruas jalan tersebut. Akibatnya, arus lalu lintas baik dari arah Bamdung menuju Cianjur maupun sebaliknya lumpuh total.

Kanit Laka Satlantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subekti mengatakan, pohon berukuran cukup besar itu tumbang melintang menutup ruas jalan dari kedua arah. Pada saat bersamaan, truk tangki BBM tengah melintas dan pohon tersebut menimpa bagian depan truk.

Baca juga: 5 Pohon Tumbang di Tangsel Imbas Hujan Deras dan Angin Kencang, Timpa Warga hingga Tutup Akses Jalan

"Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu. Hanya kerugian materi saja. Sekarang sedang proses evakuasi pohonnya. Mudah-mudahan cepat selesai," kata Bayu saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/9/2022).

Saat ini petugas gabungan bersama relawan mengupayakan untuk evakuasi terlebih dahulu material pohon yang menutup ruas jalan.

"Sekarang kita upayakan membuka jalur terlebih dahulu dengan memotong batang pohon dan menyingkirkan daribbadan jalan supaya arus lalu lintas bisa kembali lancar," ujar Bayu.

Tumbangnya pohon tersebut diduga dipicu oleh rapuhnya pohon akibat termakan usia. Sehari sebelumnya, pohon tersebut juga dihantam satu unit truk tronton sebelum akhirnya tumbang pada hari ini.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang di Bandar Lampung, Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Motor

Akibat peristiwa itu kemacetan panjang pun tak terhindarkan, kendaraan dari kedua arah mengular tak bisa melintas.

"Ekor macetnya tadi sudah sampai Padalarang. Sekarang mulai berangsur sedikit-sedikit bisa lewat setelah pohonnya dievakuasi," tutur Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com