Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu Hektar Hutan Lindung di Garut Kritis

Kompas.com - 10/10/2022, 06:59 WIB
Reni Susanti

Editor

GARUT, KOMPAS.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Garut Jujun Juansyah mengatakan, ada sekitar 400.000 hektar lahan kritis di Garut yang membutuhkan penanganan serius.

"Ada di lahan kehutanan, juga ada 55.000 hektar DAS (daerah aliran sungai) yang harus dihijaukan," ujar Jujun, dikutip dari Tribun Jabar, Senin (10/10/2022).

Untuk menanganinya, diperlukan peran banyak pihak, salah satunya swasta. Karenanya, keterlibatan Astra International menanam 92.000 pohon di lahan kritis meringankan beban pemerintah untuk memperbaiki kualitas lingkungan.

Baca juga: Perambahan Hutan di TNTN Riau, Ternyata Ada Kades yang Terbitkan 1.500 SKT di Kawasan Hutan Lindung

"Ini sama dengan mengurangi beban masyarakat dan kami pemerintah daerah (Garut)," ucapnya.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Supriyanto menjelaskan, terdapat 81.000 hektar kawasan hutan di Garut.

Dari jumlah tersebut, 76.000 hektar di antaranya merupakan hutan lindung dan 5.000 hektarnya hutan produksi terbatas. Namun, hampir semuanya kini dalam kondisi kritis.

"Kebanyakannya kritis. Bukit, gunung ditanami sayur. Kemudian longsor," ujarnya.

"Yang kritis perlu diatasi, salah satunya dengan agroforestry," ucapnya.

Baca juga: Hampir 2 Bulan Berlalu, Terduga Tokoh Kunci Mutilasi Mimika Belum Ditemukan, Polisi: Dia Terus Berpindah di Hutan

Kepala Divisi ESR Astra, Diah Suran menjelaskan, di Garut kali ini, pihaknya menanam 92.000 pohon di atas lahan seluas 85 hektar.

"Dengan sistem agroforestri. Diharapkan bisa meningkatkan nilai ekologi dan konservasi. Selain itu, bisa memberi dampak sosial dan ekonomi kepada masyarakat sekitar," ucapnya.

Selain menanam pohon yang berdampak konservasi, pihaknya menanam pohon kopi untuk meningkatkan pendapatan warga.

Penanaman pohon ini pun merupakan upaya mendukung program National Determined Contribution pemerintah sebanyak 29 persen hingga tahun 2030.

"Upaya ini juga sejalan dengan aspirasi Astra dalam menurunkan GHG sebanyak 30 persen sampai 2030 dari baseline 2019," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Hutan Lindung pun Kritis, 92 Ribu Pohon dari Astra Ditanam di 85 Hektare Lahan Kritis di Garut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com