Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Kasus Gagal Ginjal Misterius di Sukabumi, Nakes Dilarang Beri Parasetamol Sirup

Kompas.com - 19/10/2022, 13:23 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

SUKABUMI, KOMPAS.com - Kepala Bidang Upaya dan Pembiayaan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Masykur Alawi mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan kasus gagal ginjal akut misterius pada anak yang terjadi di Sukabumi, Jawa Barat.

"Di Kabupaten Sukabumi sejauh ini nggak ada laporan anak ataupun (pasien) yang mengalami penyakit gagal ginjal. Alhamdulillah masih aman," kata Masykur seperti dikutip Tribun Jabar.

Di tengah kabar penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak ini, pihaknya meminta semua tenaga kesehata (nakes) dan masyarakat untuk lebih waspada, tetapi jangan panik.

Baca juga: Antisipasi Kasus Gagal Ginjal Misterius, Fasilitas Kesehatan di Gunungkidul Dilarang Berikan Obat Sirup

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan(Kemenkes) mengeluarkan surat edaran terkait larangan bagi apotek menjual obat paracetamol sirup terkait kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak.

Dalam surat bernomor SR.01.05/III/3461/2022 tersebut Kemenkes juga menginstruksikan Tenaga Kesehatan(Nakes) pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair/sirup sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berkaitan dengan peredaran parasetamol sirup untuk anak tersebut, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Puskesmas, Rumah Sakit, Apotek, hingga dokter spesialis anak untuk bersama memantau peredarannya.

"Untuk pemantauan obat juga terus kita lakukan dengan terus koordinasi baik dengan puskesmas, RS, apotek dan juga para expert seperti dokter spesialis anak, apoteker dan profesional lainnya," kata Masykur.

Baca juga: 13 Anak di DIY Alami Gejala Gagal Ginjal Misterius, Ini Tanda-tandanya

Di sisi lain, Dinkes akan terus mensosialisasikan surat edaran Kemenkes tersebut, baik melalui WhatsApp grup atau secara langsung.

"Kita pun mencermati dulu, kita juga terus berkordinasi dengan para dokter spesialis anak, tentunya meminta penjelasan, karena ini juga kan harus hati-hati juga," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Sukabumi Nol Kasus Gagal Ginjal, Nakes Sementara Dilarang Resepkan Obat Paracetamol Cair

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com