Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterjang Hujan Lebat, Gedung SDN Muarabaru 1 Karawang Roboh

Kompas.com - 24/10/2022, 18:45 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Gedung SDN Muarabaru 1, Kabupaten Karawang, Jawa Barat roboh diterjang hujan lebat pada Sabtu (22/10/2022) malam.

Kepala SDN Muarabaru 1 Ato Sukanto mengatakan, sekolah roboh terjadi Sabtu (22/10/22) saat hujan lebat melanda wilayah Desa Muarabaru, Kecamatan Cilamaya Wetan hingga malam hari.

"Kami memperoleh informasi ingormasi gedung sekolah roboh dari warga. Ada tiga kelas yang roboh. Besoknya, Minggu (23/10/2022), kami langsung membersihkan puing-puing," ucap Ato, Senin (24/10/2022). 

Baca juga: 2 Gedung SD di Bangka Tengah Ludes Terbakar, Api Berkobar Cepat

Selain tiga ruang kelas yang roboh pada malam itu, ruangan lainnya juga tak layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Padahal, biasanya tiga ruang kelas itu yang digunakan bergantian.

Karenanya, pihak sekolah meminjam lingkungan rumah warga untuk kegiatan belajar mengajar.

"Dalam kondisi apapun proses belajar mengajar tidak boleh berhenti. Kami gunakan rumah tetangga meski di halaman rumah," tutur dia.

Ato mengatakan, gedung sekolah yang berusia 14 tahun itu belum pernah diperbaiki. Pihaknya juga telah melaporkan kondisi sekolah yang tak layak dan berbahaya bagi siswa maupun guru tersebut.

Baca juga: Buntut Penyegelan Gedung SD di Lembata, Siswa Menumpang Belajar di Sekolah Tetangga

"Kami sudah melaporkan kondisi sekolah yang sudah tidak layak pakai. Namun sampai akhirnya roboh, belum juga mendapat tanggapan pemerintah," ucap dia.

Ato berharap, pemerintah segera membangun kembali gedung sekolah yang roboh. Sebab, anak-anak tidak akan maksimal belajar di rumah warga.

"Harus segera dibangun biar siswa kembali ke sekolah. Kami berharap secepatnya dibangun," ujar Ato.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com