Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengketa Lahan, Sekolah Alam Gaharu di Baleendah Kabupaten Bandung Digembok LSM

Kompas.com - 06/11/2022, 14:24 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekolah Alam Gaharu di Kampung Balesarakan, Jalan Endung, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat digembok paksa oleh sekelompok orang yang diduga dari LSM pada Rabu (2/10/2022).

Akibat kejadian ini, aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah tersebut terganggu. Pihak sekolah terpaksa melangsungkan KBM secara hibrid, tatap muka dan daring atau online.

Informasi terkait penggembokan sekolah tersebut sempat viral dan menjadi perbincangan di media sosial, terutama Instagram.

Tia (bukan nama asli) salah seorang orangtua siswa Sekolah Alam Gaharu menyesalkan tindakan anggota LSM yang datang secara tiba-tiba dan menggembok sekolah.

Tak hanya itu, anggota LSM tersebut juga langsung memasang plang kepemilikan tanah.

Baca juga: Penyerangan Rumah Mantan Anggota DPD RI Litha Brent Diduga Dipicu Sengketa Lahan

"Betul, kejadiannya Rabu kemarin. Sampai Jumat 4 November juga masih digembok, terus ada plang juga. Jujur saja kita sebagai orangtua murid terganggu, sekarang juga masih diliburkan dan belajar online," katanya dihubungi, Minggu (6/10/2022).

Kepala Sekolah Alam Gaharu Tria Pratiwi membenarkan kejadian itu. Dia menyebut, saat ini KBM harus dilakukan secara hibrid.

Untuk KBM yang dilakukan tatap muka, pihak sekolah memindahkan kegiatan ke sebuah Gedung yang berlokasi di Kertamanah.

"Jadi setelah hari itu, hari Kamis dan Jumat kami pindah dan kami selenggarakan secara hibrid, online dan offline," kata Tria.

Sebanyak 172 siswa terdampak akibat penggembokan tersebut. Tak sedikit juga, para siswa yang mengeluh tak lagi bisa menikmati ruang kelas.

"Karena ruang tak bisa digunakan, terpaksa kami pindah. Mereka sempat bertanya mengapa pindah dan temen-temen lain ada yang daring. Kami mencoba memahamkan dan membangun komunikasi yang bisa diterima anak-anak, kami coba pahamkan. Karena sekolah alam jadi anak cepat beradaptasi," ungkap Tria.

Tria mengaku tak mengetahui persis terkait sengketa lahan yang terjadi di lahan Sekolah Alam Gaharu dan berujung pada penggembokan.

Saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan jajaran kepolisian serta Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung terkait persoalan tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com