Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Bantah Pernyataan Wali Kota Depok soal Relokasi SDN Pondok Cina untuk Masjid Agung

Kompas.com - 17/11/2022, 18:49 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membantah telah meminta Pemkot Depok merelokasi SDN Pondok Cina 1 untuk pembangunan Masjid Agung.

Hal itu ia sampaikan untuk menyanggah pernyataan Wali Kota Depok Mohammad Idris yang menyebut perencanaan alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 untuk pembangunan Masjid Agung bermula dari permintaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Klarifikasi, terkait berita termaksud. Ini perlu diluruskan agar tidak terjadi mispersepsi," tulis Emil, sapaan akrabnya lewat instagram pribadinya @ridwankamil, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: Jawab Isu Diincar PAN Jadi Capres, Ridwan Kamil: Kalau Takdir Menghampiri, Bismillah Saja

Emil menyebut, Pemprov Jabar hanya bersifat menampung aspirasi dari pemerintah daerah sesuai kebutuhan, baik untuk sektor pariwisata, gedung kesenian, maupun rumah ibadah.

"Dalam kasus ini sebenarnya sederhana. Pemerintah Provinsi Jabar kapasitasnya hanya menampung aspirasi daerah. Mau Alun-alun silakan, mau pariwisata, gedung kesenian maupun masjid atau rumah ibadah, silakan," kata dia.

Rumusnya, lanjut Emil, Pemprov Jabar siap memberikan bantuan anggaran dengan syarat pemerintah daerah menyediakan lahannya.

"Dan rumusnya sederhana saja, jika anggaran bantuan datang dari provinsi maka tugas kota/ kabupaten lah menyediakan lahannya dengan baik dan aman," ungkapnya.

Baca juga: Viral Sumbangan di SMAN 3 Kota Bekasi, Ridwan Kamil: Tak Boleh Ada Pungutan Apapun

Situasi tersebut juga terjadi dalam rencana pembangunan Masjid Agung Depok. Emil mengaku sudah mendapat informasi dari Pemkot Depok yang mengklaim lahan sudah siap dengan merelokasi SDN Pondok Cina 1.

"Itulah yang terjadi dalam situasi rencana pembangunan masjid di lahan SD Pondok Cina 1. Selama ini pihak Pemprov dilapori pihak Pemkot Depok bahwa lahan sudah aman terkendali dan sudah akan ada rencana relokasi untuk Sekolah Dasar tersebut," paparnya.

Emil juga sempat mengkonfirmasi alasan Pemkot Depok menggunakan lahan SDN Pondok Cina 1.

Baca juga: Saat Jokowi dan Xi Jinping Tersenyum Saksikan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Saya sempat tanya, kenapa harus direlokasi? Dijawab oleh tim Pemkot Depok, bahwa situasi lalu lintas sudah sangat padat dan rawan kecelakaan bagi anak-anak SD bersekolah di sana," tuturnya.

Karena itu, Emil meminta kepada Pemkot Depok untuk segera melakukan musyawarah jika masih mendapat keberatan dari masyarakat khususnya orangtua siswa.

"Jadi jika lahan memang belum clean and clear untuk alih fungsi sebaiknya dimusyawarahkan terlebih dahulu. Sampai semua pihak menerima. Jika tidak, maka niat membangun masjid bisa pindah lokasi atau bisa juga tidak jadi dibangun atau dibatalkan. Demikian klarifikasinya," jelasnya.

Seperti diberitakan, Wali Kota Depok Mohammad Idris menyebutkan perencanaan alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 untuk pembangunan masjid agung, bermula dari permintaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Permintaan Ridwan kamil itu berdasarkan keluhan masyarakat Kota Depok yang menyebutkan susah mencari masjid di Jalan Raya Margonda.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com