Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cianjur Gelap, Jaringan Listrik Ratusan Ribu Rumah Warga Putus Akibat Gempa

Kompas.com - 21/11/2022, 18:56 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Jaringan kelistrikan sebanyak 1.957 gardu distribusi listrik dengan total 366.675 pelanggan mengalami padam setelah gempa 5,6 magnitudo mengguncang di Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022).

Manager PLN UP3 Cianjur Muhammad Hermansyah mengatakan, saat ini PT PLN tengah melakukan pemulihan terhadap padamnya jaringan listrik akibat guncangan gempa bumi siang tadi.

"Kami terus berupaya memulihkan kelistrikan di Cianjur. Setelah memastikan tidak ada gempa susulan, petugas bergerak ke lapangan untuk menormalkan kondisi kelistrikan," ungkap Hermansyah melalui keterangan resminya.

Baca juga: BERITA FOTO: Gempa Cianjur M 5,6 Tewaskan 56 Orang, 700 Korban Luka-luka

Hermansyah menyebutkan, sebelum melakukan pemulihan, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur untuk memastikan keamanan warga.

Sejak siang tadi, PLN sudah menerjunkan ratusan petugas untuk melakukan pemulihan jaringan listrik.

Hingga pukul 18.00 PLN sudah memulihkan sebanyak 33 persen penyaluran pelanggan (penyulang) berhasil dipulihkan, sementara sisanya dalam proses penormalan.

"Tentunya dalam pelaksanaan tugas petugas tetap mengedepankan keselamatan warga,” ujar Hermansyah.

Baca juga: Situasi Terkini Usai Gempa Cianjur: Pasien Membeludak di RS, Korban Terus Berdatangan, Sirine Ambulans Meraung

Adapun gardu distribusi yang telah menyala sebanyak 322 gardu dengan sekitar 50.000 pelanggan terdampak telah berhasil dinormalkan dan saat ini dipastikan sudah menyala kembali.

"PLN mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika terjadi bencana. Warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter," imbau Hermansyah.

Selain bantuan pemulihan jaringan kelistrikan, korban terdampak saat ini sedang membutuhkan bantuan logistik seperti bahan makanan. Sebab kebutuhan mendesak saat ini yang dibutuhkan yakni bahan makanan pokok dan makanan cepat saji.

"PLN juga menyalurkan bantuan cepat bagi warga terdampak berupa bahan makanan seperti beras 120 karung, mi instan 240 dus, sarden 240 kaleng, mi cup instan 120 dus, dan minyak goreng 120 dus. Bantuan ini diserahkan hari ini juga untuk memenuhi kebutuhan warga," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com