Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2000-an Pengungsi Gempa Cianjur Terserang ISPA

Kompas.com - 29/11/2022, 23:06 WIB
Reni Susanti

Editor

CIANJUR, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000an pengungsi gempa Cianjur terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dr Irvan Nur Fauzy, Selasa (29/11/2022).

"ISPA itu kalau untuk kumulatif sudah ada 2.000-an orang, diare di bawah 2.000 dan hipertensi 1.000-an," tutur Irvan dikutip dari Antara, Selasa.

Baca juga: 2 Pengungsi Gempa Cianjur Meninggal, Diduga Kedinginan, Kebutuhan Selimut dan Air Bersih Mendesak

Selain ISPA, penyakit lain yang menjangkiti pengungsi adalah diare dan hipertensi.

Dia mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur juga memberikan perhatian kepada pengungsi yang memiliki komorbid seperti diabetes, hipertensi, dan TBC.

"Kami juga memperhatikan pasien kormobid, terutama yang diabetes dan hipertensi serta TBC. Serta bagaimana kelanjutan pengobatan bagi pasien dengan gangguan jiwa," tutur dia.

Memasuki hari kesembilan setelah gempa bumi, pihaknya memokuskan upaya pencegahan agar pengungsi tidak terkena penyakit berbasis lingkungan yang berpotensi KLB seperti ISPA, diare, dan hipertensi.

Baca juga: 8 Warga dari 2 Desa Cianjur Dilaporkan Hilang oleh Kades

Salah satu upaya yang dilakukan dengan mendirikan empat puskesmas lapangan di wilayah Cijedil, Cugenang, Nagrak dan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur.

"Puskesmas utamanya itu ada di Cijedil, Nagrak, Cugenang dan Warung Kondang. Itu tetap berjalan. Lalu kita support di empat titik, yakni Nagrak satu puskemas lapangan, Cugenang dua puskesmas lapangan dan Warung Kondang satu puskesmas lapangan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com