Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Cibolerang di Bandung Ditutup karena Amblas, Perbaikan Butuh 1 Bulan

Kompas.com - 02/12/2022, 15:54 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

KOMPAS.com-Jalan Cibolerang, Kota Bandung, Jawa Barat, yang amblas diperkirakan butuh waktu satu bulan untuk diperbaiki.

Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Sandi Suhendar mengatakan, jalan yang ambles materialnya akan dibongkar dengan alat berat. Pasalnya, amblasnya jalan dinilai cukup dalam.

"Kira-kira secepatnya, mungkin sekitar 1 bulanan penanganan," ucap Sandi, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Jalan Cibolerang Bandung Amblas, Ditutup Sementara

Sandi menjelaskan, fondasi jembatan di Jalan Cibolerang itu tergerus karena tidak mampu menahan debit air sungai

"Mungkin cukup besar (air) sehingga tergerus dan mengakibatkan jalannya bergerak terpengaruh," ujar Sandi Suhendar, Jumat (2/12/2022).

Kapolsek Babakan Ciparay Kompol Wawan Setiawan mengatakan, jembatan tersebut amblas pada Jumat pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari petugas PUPR, luasan jalan yang ambles tersebut memiliki panjang tujuh meter dengan lebar empat meter dan kedalaman 20 sentimeter.

"Kemarin seharian hujan debit air banyak sehingga air dari arah Pasirkoja yang mengarah ke selokan Cibolerang ini menggerus fondasi jembatan. Fondasi di atas ikut tergerus sehingga terjadi anjlok atau ambles," ujar Wawan saat ditemui di lokasi.

Baca juga: Hujan Lebat, 2 Lokasi di Rancabali Bandung Longsor, Tak Ada Korban Jiwa

Saat ini, kata Wawan, petugas dari Polsek langsung melakukan pengaturan arus lalu lintas, sebab sementara jalan tersebut tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Sementara ini, warga yang hendak menuju Taman Kopo Indah (TKI) dan Cigondewah dari arah Cibolerang tidak dapat melalui jalan tersebut.

"Untuk pengaturan lalu lintas arah barat menuju ke sini, diarahkan ke Holis. Dari arah Kopo timur diarahkan ke Utara dan Holis, kecuali bagi warga yang mau mengisi ke SPBU tetap dibuka," katanya.

Saat ini, petugas dari PUPR pun tengah melakukan pembongkaran jalan menggunakan bor dan alat berat.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Jalan Cibolerang Bandung Ambles, Butuh Waktu 1 Bulan Perbaikan, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com