Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Diterjang Angin Kencang, Bandara Kertajati Tetap Beroperasi seperti Biasa

Kompas.com - 18/12/2022, 10:24 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

MAJALENGKA, KOMPAS.com– Sejumlah infrastruktur di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, rusak akibat angin kencang pada Sabtu (17/12/2022). 

Direktur PT BIJB Muhamad Singgih menyampaikan angin tersebut merupakan yang terkencang selama ini. Dia mengatakan angin tersebut menyebabkan tembok dinding sekat di lantai 2 rusak.

“Disebabkan angin yang sangat kencang yang terjadi pada hari Sabtu (17/12/2022) pukul 16.23 WIB. Menurut BMKG, ini angin yang terkencang sepanjang yang pernah terjadi yaitu 58 knot atau 107 Kilometer per jam. Sehingga dinding di lantai 2 yang terbuat dari gipsum terjadi kerusakan,” katanya dalam rilis video yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Plafon dan Sekat di Bandara Kertajati Jebol Diterjang Angin Kencang

Pihak BIJB juga mengklarifikasi bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi pada plafon seperti yang diberitakan Kompas.com sebelumnya.

Singgih menegaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiewa tersebut. Hal ini karena di saat kejadian situasi di lokasi sedang tidak ada aktivitas.

Singgih memastikan, pihaknya akan segera membersihkan dan memperbaiki kerusakan itu. 

Executive General Bandara Kertajati, Nuril Huda, menyampaikan kejadian angin kencang yang menyebabkan kerusakan tidak mengganggu aktivitas di sekitar BIJB. Seluruh aktivitas di sekitar titik kejadian dalam keadaan baik-baik saja.

“Kejadian rusaknya dinding sekat mushola tersebut tidak mengganggu sama sekali kegiatan operasional yang berada di Bandara Internasional Kertajati. Untuk fasilitas lainnya baik di sisi udara, seperti ruang tunggu, apron, runway dan sebagainya juga dalam keadaan baik dan sisi darat seperti checkin counter serta fasilitas lainnya dalam keadaan baik,” kata Nuril.

VP of Corporate Secretary dan General Administration, Dian Nurrahman menegaskan video yang beredar di media sosial merupakan rekaman amatir. Dia menjelaskan di hari tersebut terdapat event explore SMK Se-Jawa barat.

Namun kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB telah selesai saat terjadi angin kencang.

Event Explore SMK se-Jawa Barat telah selesai, namun masih ada aktivitas loading barang untuk membersihkan area lantai 3 di Bandara Kertajati. Sehingga masih ada aktivitas keramaian di lantai 3,” tambah Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com