Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Usung Viman Jadi Calon Wali Kota Tasikmalaya pada Pilkada 2024, Tingkat Kemiskinan Jadi Sorotan

Kompas.com - 03/01/2023, 09:14 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, resmi mengusung kadernya Viman Alfarizi sebagai bakal calon wali kota Tasikmalaya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Sosok anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Gerindra tersebut pun didukung maju pada Pilkada 2024 oleh Partai Gelora, Partai Ummat, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Seluruh pengurus keempat partai itu pun berkumpul mendeklarasikan calon wali kota Tasikmalaya di kantor baru DPC Kota Tasikmalaya dengan meriah.

Baca juga: Nikmatnya Baso Aci Ceu Oon Tasikmalaya, 3 Jam Habis 300 Porsi, Berikut Lokasi dan Harganya

"Iya, betul kita di sini berkumpul semua 4 partai mendeklarasikan kader terbaik Gerindra Viman Alfarizi untuk menjadi calon wali kota Tasikmalaya di Pilkada 2024 nanti," jelas Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tasikmalaya, Aslim, kepada wartawan di kantornya, Senin (2/1/2023).

Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Haji Amir Mahpud mengaku sengaja mengundang semua partai anggota koalisi untuk mengubah kondisi Kota Tasikmalaya sebagai wilayah termiskin di Jawa Barat.

Tokoh masyarakat pemilik bus Primajasa tersebut selama ini sangat fokus terhadap pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan peningkatan kesejahteraan warga Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Ada Pemeliharaan Karpet, Kunjungan ke Masjid Al Jabbar Dibagi 3 Sesi, Catat Waktunya

“Anda dan kita semuanya tidak bisa diam. Kemampuan saya sebagai pengusaha untuk mengubah keadaan amatlah terbatas. Perubahan yang cepat dan luas hanya mungkin apabila dilakukan melalui jalur kekuasaan. Ikhtiar saya di politik selama ini, hanyalah ingin mendudukkan orang-orang yang baik dan punya kapasitas," tambah Amir.

Amir menambahkan, selama ini Partai Gerindra dan koalisi memiliki niat baik untuk membantu masyarakat di pemerintahan eksekutif dan legislatif.

Sehingga, Gerindra berkeyakinan akan mampu mendapatkan suara terbanyak kembali di Kota Tasikmalaya seperti Pemilu 2019.

Sementara itu, kandidat bakal calon wali kota Tasikmalaya dari Gerindra, Viman Alfarizi Ramadhan, mengaku semua partai koalisi menjadi semangat positif untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Jangan sampai potensi berubah menjadi bencana peluang menjadi hambatan. Satu sisi Kota Tasikmalaya terlihat maju sebagai kota jasa. Ada banyak mal, hotel berbintang, dan lain-lain. Tapi di sisi lain, Kota Tasikmalaya malah menjadi salah satu kota termiskin di Jabar," tutur Viman.

Tingkat kemiskinan di Tasikmalaya saat ini mencapai 12,72 persen atau 87.130 penduduk dengan garis kemiskinan Rp 498,711.

"Narkoba dan kasus HIV-AIDS termasuk yang tinggi di antara 27 kabupaten Kota lainnya di Jabar," ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com