Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut, Puluhan Rumah di 2 Kecamatan Rusak, 1 Orang Terluka

Kompas.com - 02/02/2023, 09:37 WIB
Ari Maulana Karang,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com – Gempa darat berkekuatan magnitudo 4,3 yang mengguncang Kabupaten Garut, Rabu (1/2/2023) pukul 23.00 WIB, membuat puluhan rumah di dua kecamatan, yaitu Samarang dan Pasirwangi, rusak.

Tak hanya itu, gempa mengakibatkan satu warga di Desa Samarang mengalami luka ringan. 

Camat Samarang Neneng Martiana yang dihubungi lewat telepon genggamnya, Kamis (2/2/2023) pagi, mengungkapkan, dari laporan sementara, sedikitnya 23 rumah terdampak gempa di Desa Samarang dan Desa Cisarua.

“Yang paling parah di Desa Cisarua, ada 3 rumah rusak berat, 15 rumah rusak ringan, dan 4 rumah rusak sedang,” jelasnya lewat sambungan telepon.

Baca juga: Kepala Satpol PP dan BPBD Cianjur Mundur dari Jabatannya, Merasa Tak Maksimal Tangani Gempa

Jumlah itu masih bisa terus berkembang karena pendataan masih berlangsung. Dirinya pun saat ini tengah menuju salah satu desa yang dikabarkan warganya terdampak gempa. 

“Saya lagi di jalan ke Desa Parakan mengecek, katanya ada rumah yang rusak juga,” katanya lewat sambungan telepon.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Pasirwangi AKP Abusono menyampaikan, dari hasil pendataan jajaran Polsek Pasirwangi sejak Rabu (1/2/2023) malam, ada 20 rumah yang terdampak gempa. 

Baca juga: Masuk Sesar Garsela, Kades Margamukti Bandung: Belum Ada Jalur Evakuasi Gempa

Rumah rusak itu tersebar di 4 desa, yaitu Desa Padaawas, Barusari, Padamulya, dan Pasirwangi.

“Di Desa Padawaas, ada 6 rumah terdampak, 3 rumah rusak berat, 2 rusak ringan, dan 1 rumah rusak sedang. Di Barusari ada 10 rumah terdampak, 4 rusak berat, 6 rusak ringan, Desa Padamulya 3 rumah rusak ringan, dan di Desa Pasirwangi 1 rumah rusak,” ujar Abusono saat dihubungi melalui telepon, Kamis (2/2/2023). 

Abu memastikan bahwa data kerusakan akibat gempa semalam masih akan terus berkembang karena pendataan masih terus dilakukan. Sementara, warga yang terdampak gempa, saat ini kebanyakan mengungsi di rumah saudaranya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyampaikan, hasil analisis BMKG, gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,3 tersebut berpusat di darat pada jarak 19 kilometer barat daya Garut di kedalaman 3 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar Garsela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com