Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Cirebon Jamin Stok Beras Aman hingga Maret, Tersedia 5.480 Ton

Kompas.com - 08/02/2023, 09:56 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Bulog Kantor Cabang Cirebon Jawa Barat terus memantau pergerakan harga beras di sejumlah pasar tradisional di wilayah III Cirebon.

Bulog menjamin, stok beras di Cirebon dan sekitarnya aman hingga Maret-April 2023 dengan jumlah 5.480 ton.

Kepala Bulog Cabang Cirebon Budi Sultika menyampaikan, hingga saat ini Bulog terus memantau sejumlah pasar tradisional di empat wilayah, yakni Kota-Kabupaten Cirebon, Majalengka, dan Kuningan.

Tak hanya memantau, Bulog juga menggelar operasi pasar di beberapa titik untuk menekan laju perubahan harga.

Baca juga: Minim Pasokan, Harga Beras di Kota Cirebon Melonjak

“Kita melakukan pemantauan terhadap pasokan dan juga harga di pasar-pasar. Kita pastikan, stok kita salurkan, dan harga saat ini memang terjadi koreksi di beberapa pasar,” kata Budi saat ditemui Kompas.com Senin (6/2/2023).

Budi mengakui, bahwa saat ini minimnya suplai beras dari beberapa wilayah karena kondisi paceklik. Idealnya, pada bulan Januari dan Februari, suplai dikirim dari Jawa Tengah, tapi kondisi banjir membuat proses panen terkendala.

“Musim paceklik, sehingga tidak ada suplai di pasar yang cukup besar, dibanding demand yang terus alami kenaikan. Kita lihat ekonomi sudah bergerak, semua sektor tumbuh, pariwisata, rumah makan, dan lain-lain, okupansinya tinggi,” terang Budi.

Budi menyebut, Cirebon dan sekitarnya merupakan sentra produksi beras. Namun, saat ini, secara alami, kawasan Cirebon belum melakukan panen. Para petani akan memulai panen di sekitar bulan empat mendatang.

Baca juga: Harga Beras di Flores Timur Tembus Rp 15.000 Per Kg, Pemkab Pantau Jalur Distribusi

Atas dasar itu, Budi menjamin, stok beras milik Bulog masih aman. Dia memiliki stok beras sebanyak 5.480 ton yang mampu cukup sampai memasuki masa panen di Cirebon sekitar Maret dan April mendatang. Beras tersebut tersebar di beberapa gudang di wilayah Kota-Kabupaten Cirebon, Majalengka, dan Kuningan.

Bahkan, Budi masih berkoordinasi dengan para penyuplai beras di beberapa wilayah untuk melakukan penyerapan dan penambahan stok. Budi menjamin, kondisi beras di Gudang Bulog Kantor Cabang Cirebon aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com