Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jusuf Hamka: Insya Allah, Tol Cisumdawu Cileunyi-Majalengka Bisa Dilalui Sebelum Lebaran

Kompas.com - 09/02/2023, 18:04 WIB
Aam Aminullah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Mohammad Jusuf Hamka berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu). Sehingga seluruh seksi tol dapat dilewati sebelum Lebaran 2023.

Diketahui, saat ini akses Tol Cisumdawu yang telah beroperasi meliputi seksi 1 (Cileunyi, Kabupaten Bandung) hingga seksi 3 (Cimalaka, Kabupaten Sumedang).

Operasi tol dari seksi 1 hingga seksi 3 sampai saat ini masih gratis.

Baca juga: Jusuf Hamka: Kami Siapkan Rest Area Terbaik di Indonesia di Tol Cisumdawu

Sedangkan, untuk seksi 3 (Cimalaka, Sumedang) hingga seksi 5 (Dawuan, Majalengka) hingga saat ini, masih dalam proses pembangunan.

"Meski pun dalam prosesnya menemui banyak kendala, kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan Tol Cisumdawu. Insya Allah, jika tidak ada halangan, alam mendukung, sebelum Lebaran, Tol Cisumdawu dari Cileunyi sampai Majalengka sudah bisa dilalui," ujar Hamka kepada sejumlah wartawan di Pusat Pemerintahan Sumedang, Kamis (9/2/2023).

Hamka menuturkan, pihaknya tidak dapat memaksakan atau tergesa-gesa dalam proses pembangunannya karena harus tetap memerhatikan mutu dari konstruksi tol yang dibangun.

Baca juga: Keluarga Sebut Sugeng Dikorbankan dalam Kasus Tabrak Lari Selvi: Pak Jokowi, Tolong Keluarkan Adik Saya

"Kalau cuaca mendukung, pengerjaannya bisa cepat. Ya mudah-mudahan cuaca panas seperti tiga hari ini, kalau hujan kita juga tidak bisa memaksakan karena ini kaitannya dengan mutu. Mutu dan kualitas dari konstruksi tolnya harus terjaga, harus bagus," tutur Hamka.

Hamka menyebutkan, kunjungannya ke Kabupaten Sumedang sendiri untuk berterima kasih kepada Pemkab Sumedang dan warga Sumedang karena telah mendukung pembangunan Tol Cisumdawu.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, kehadiran Tol Cisumdawu diharapkan tidak hanya mengurai kemacetan di kawasan Cadas Pangeran, tapi juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sumedang.

"Kami berterima kasih kepada Pak Jusuf Hamka atas komitmennya untuk turut membantu mengembangkan ekonomi Sumedang, termasuk meminimalisasi dampak tol dengan memanfaatkan peluang yang ada dengan kehadiran tol ini untuk Sumedang," ujar Dony.

Dony menyebutkan, komitmen tersebut salah satunya dapat terwujud dengan rencana pembangunan rest area di Tol Cisumdawu.

"Pak Jusuf Hamka tadi berjanji akan membuatkan rest area terbaik se-Indonesia di Tol Cisumdawu. Dan tadi saya minta agar 40 persen rest area tersebut untuk UMKM Sumedang. Alhamdulillah, beliau merespons baik keinginan kami ini. Mudah-mudahan, dengan adanya rest area dan upaya dari Pak Jusuf Hamka dalam membantu mengembangkan ekonomi Sumedang ini, masyarakat Sumedang bisa lebih sejahtera," kata Dony. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com