Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Perusahaan dengan Investasi Terbesar di Karawang Tahun 2022

Kompas.com - 14/02/2023, 16:58 WIB
Farida Farhan,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Berdasar data Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) online, ada 10 perusahaan dengan investasi terbesar di Karawang, Jawa Barat pada tahun 2022.

Eka Sanatha, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengatakan, pada 2022 realisasi investasi di Karawang mencapai Rp 37,19 triliun. Jumlah investasi tersebut membuat Karawang berada di nomor dua di Jawa Barat, setelah Kabupaten Bekasi.

Eka juga menyebutkan 10 perusahaan dengan investasi terbesar di Karawang selama tahun 2022.

Baca juga: Investasi Menggunakan Robot Trading, Apakah Aman?

"Perusahaan dengan jumlah investasi terbesar di Karawang yakni Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)," kata Eka di Kantor DPMPTSP Karawang, Selasa (14/2/2023).

Kemudian disusul Kereta Cepat Indonesia China, HLI Green Power, Indah Kiat Pulp and Paper, dan Hanjaya Mandala Sampoerna.

Lalu ada Pindo Deli Pulp and Paper Mills, Data Center Indonesia Sukses Makmur, HKML Battery Indoensia, G-Tekt Indonesia Manufacturing, serta Daihatsu Drivetrain Manufacturing Indonesia.

"Investasi di Karawang didominasi oleh perusahaan manufaktur dan padat teknologi," kata dia.

Eka menyebutkan, dari total investasi selama 2022, ada 10.459 tenaga kerja Karawang yang terserap. Jumlah tersebut merupakan yang dilaporkan ke Pemkab Karawang. Eka yakin ada tenaga kerja ikutan yang tak terikat langsung dengan perusahaan.

Baca juga: 2022, Realisasi Investasi di Karawang Capai Rp 37, 19 Triliun, Serap 10.459 Pekerja

Ia juga yakin akan lebih banyak tenaga kerja yang terserap. Misalnya seiring akan beroperasinya Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) pada Juli 2023 mendatang. Diketahui KCIC meliliki Stasiun Karawang di wilayah Ciketing, Wanakerta, Telukjambe Barat, Karawang.

Eka juga menyebut lahan industri di kawasan industri masih tersedia cukup banyak. Di antaranya Kawasan Artha Graha Hills, dan Pertiwi Lestari, Karawang New Industri City (KNIC).

Seperti diketahui, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 53 tahun 1989 tentang Kawasan Industri, peruntukan industri di Karawang seluas 13.718, 1 hektar. Di Karawang ada 13 kawasan industri di Karawang yang memiliki Izin Industri Kawasan Industri (IUKI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com