Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Daop 3 Cirebon Sediakan 95.000 Tiket Kereta Api Lebaran, Dijual mulai 26 Februari

Kompas.com - 24/02/2023, 13:32 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - PT KAI Daop 3 Cirebon Jawa Barat menyediakan 95.172 tiket kereta api reguler untuk angkutan Lebaran 2023. Tiket kereta Lebaran ini bisa dipesan mulai Minggu (26/2/2023).

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi menyampaikan, jumlah 95.172 tiket ini dipastikan akan bertambah.

Pasalnya, jumlah tiket kereta api tambahan belum ditentukan, sedangkan penentuan tiket kereta api tambahan hanya diputuskan oleh PT KAI pusat.

Baca juga: 8 Cara Beli Tiket Kereta Lebaran via KAI Access

"Jumlah itu baru dari tiket kereta api regular, dan pasti bertambah dengan tiket kereta api tambahan. Terkait jumlahnya berapa, kami masih menunggu keputusan kantor pusat," kata Ayep saat ditemui Kompas.com, Jumat (24/2/2023).

Sambil menunjukkan dokumen, Ayep merinci, 95.172 tiket kereta api regular angkutan Lebaran ini terdiri dari beberapa rute perjalanan, yakni:

  • Kereta Api Argo Cheribon tujuan Jakarta dan sebaliknya, sebanyak 45.760 tiket dengan jumlah pemberangkatan empat kali.
  • Kereta Api Ranggajati tujuan Jember Jawa Timur dan sebaliknya, sebanyak 11.132 tiket dengan satu kali pemberangkatan.
  • Kereta Api Kaligung (KA Aglomerasi) sebanyak 38.280 tiket dengan jumlah tiga kali pemberangkatan.

Ayep menyampaikan, masa pemesanan tiket kereta api angkutan Lebaran kali ini khusus dan berbeda dibanding tahun sebelumnya.

PT KAI menerapkan kebijakan pemesanan sudah dimulai pada H-45 sebelum keberangkatan. Sehingga pada Minggu 26 Februari 2023, pelanggan sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan 12 April 2023.

Pada tahun sebelumnya, yakni kondisi normal selain di luar masa angkutan Lebaran, KAI menerapkan kebijakan untuk penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan.

Manager Humas Daop III Cirebon Ayep Hanapi memberikan penjelasan terkait jumlah tiket Kereta Api Regular Angkutan Lebaran 2023, yang sudah bisa dipesan Lusa, Minggu 26 Februari 2023.KOMPAS.com/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Manager Humas Daop III Cirebon Ayep Hanapi memberikan penjelasan terkait jumlah tiket Kereta Api Regular Angkutan Lebaran 2023, yang sudah bisa dipesan Lusa, Minggu 26 Februari 2023.

Perubahan ini, tambah Ayep, dilakukan untuk semakin meningkatkan pelayanan serta memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan Lebaran.

Baca juga: KAI Daop 2 Bandung Siapkan 250.000 Tiket Angkutan Lebaran, Bisa Dipesan mulai 26 Februaari 2023

Ayep mengimbau untuk penumpang yang memesan tiket khususnya untuk perjalanan masa angkutan Lebaran 2023 agar memperhatikan waktu keberangkatan.

Dia mengingatkan kepada pengguna KA untuk teliti menginput tanggal, rute, serta data diri pada saat melakukan pemesanan.

Dalam rangka menghadapi angkutan Lebaran ini, KAI Daop 3 Cirebon akan melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

KAI bersama seluruh stakeholder akan melaksanakan kegiatan Ramp Check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api. Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com