Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Bule Fokus Jajaki Pilgub Jabar Usai Lengser dari Jabatan Ketum PSSI

Kompas.com - 26/02/2023, 11:59 WIB
Irwan Nugraha,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Mantan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, mengaku fokus penjajakan tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat di Pilkada Serentak 2024.

Dia pun mengaku telah bertemu salah satu orang yang digadang-gadang akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat, Dessy Ratnasari.

"Sekali lagi, asalkan saya diperintahkan, saya siap. Parpol ada beberapa yang telah sambangi atau lakukan silaturahmi. Tapi nanti ya. Pasangannya ya siapa saja bisa. Kemarin dengan Teh Desi di Bandung sudah ketemu. Teh Desi orang baik dan pintar. Ya, kita lakukan silaturahmi dengan baik. Nanti di perjalanannya seperti apa akan mengerucut dengan siapa saya akan maju," jelas Iwan kepada wartawan saat peresmian Masjid Al-Malik di Sinagar, Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (26/2/2023).

Baca juga: Iwan Bule Siap Masuk Bursa Calon Gubernur Jabar 2024

Iwan pun mengaku alasan tak mencalonkan kembali sebagai Ketum PSSI salah satunya akan fokus mengikuti perhelatan Pilgub Jabar 2024.

Seperti halnya dorongan dari adiknya sekaligus tokoh masyarakat di Tasikmalaya yakni Haji Endang Malik asal Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya.

"Kalau soal Pilgub Jabar, saya sudah selesai jadi Ketua Umum PSSI. Saya tak maju lagi karena ada alasannya. Salah satunya adalah merespon adanya keinginan masyarakat yang meminta saya untuk maju di Pilgub Jabar. Buat saya jabatan adalah amanah. Saya ini juga kan Bhayangkara sejati, prajurit. Ya dimanapun di tempatkan oleh negara atau masyarakat, saya akan laksanakan dengan penuh tanggung jawab," tambahnya.

Iwan mengaku, selama ini tak pernah menginginkan posisi atau jabatan apa pun. Namun, jika diminta untuk maju di Pilgub Jabar, dia bersedia.

"Saya besar di Bandung sampai SMA. Kemudian kuliah ke Akpol dan jadi Kapolda di Jabar. Hal ini mungkin yang merespons publik dan mendorong saya untuk maju di Pilgub Jabar nanti. Alhamdulillah sejauh ini tak ada hambatan. Saya tak mengincarkan posisi yang mana. Pokoknya asalkan perintah rakyat, ya saya siap," ungkapnya.

Baca juga: Spanduk Iwan Bule Bertuliskan Bangun Jabar Muncul di Bekasi, Iwan Bule: Yang Pasang Teman-teman Saya

Saat ini, Iwan mengaku diminta bertemu masyarakat oleh adiknya Haji Endang Malik yang telah mendirikan masjid besar di tengah Gunung Galunggung.

Pembangunan masjid ini bermula saat belum adanya sarana ibadah terpusat di kawasan sekitar wisata Gunung Galunggung untuk para pekerja atau pun masyarakat sekitarnya.

"Adik saya ini Endang Juta. Bagi saya ini barokah berada di Masjid Al Malik, Galunggung ini. Di sini ada seseorang yang peduli terhadap masjid di tempatkan di sekitar sini. Masjid ini bisa dipakai siapapun juga untuk salat berjamaah, dan pengajian-pengajian. Snacknya Insya Allah disiapkan juga. Alhamdulillah. Semoga masjid ini memberikan berkah untuk semua. Gagasan ini timbul dari Pak Endang Juta yang perhatian terhadap masyarakat sekitar," pingkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com