Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Buruh Perempuan di KBB Dibegal hingga Bahagia Mendapatkan Motornya Kembali

Kompas.com - 08/03/2023, 19:49 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi


CIMAHI, KOMPAS.com - Julukan 'Gotham City' untuk wilayah Bandung Raya bagi Sri Mulyani (29) bukan hanya sebutan belaka. Ia benar-benar merasakan bagaimana kriminal jalanan di malam hari terjadi.

Sri Mulyani seorang buruh pabrik di kawasan industri Cimareme menjadi korban kejahatan jalanan oleh dua pelaku begal di Jalan Bunisari, Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Jumat, (24/2/2023) lalu.

"Malam itu sekitar jam setengah 1 malam saya perjalanan pulang kerja. Kebetulan saya masuk shift II, berangkat jam 16.00 WIB, pulang jam 00.00 WIB. Saya bawa motor sendirian," kata Sri saat ditemui di Mapolres Cimahi, Rabu (8/3/2023).

Baca juga: Kawanan Begal di Bengkulu Ditangkap, Polisi: Uang Hasil Begal Motor Dipakai Beli Narkoba

Sri rupanya dibuntuti kendaraan bermotor yang ditumpangi dua orang. Dia menyadari ada motor yang membuntutinya saat masuk Jalan Bunisari, Gadobangkong.

"Kondisi jalan itu saat itu sepi, saat itu kondisinya sedang hujan juga. Tiba-tiba motornya mendekat ke motor saya," ujar Sri.

Seketika motor Sri ditendang oleh pelaku dari belakang, kecelakaan pun tak terhindarkan. Sri terguling dan kakinya terkilir, tenaganya tak kuat untuk melawan 2 pelaku saat itu.

Baca juga: Baku Tembak Saat Penangkapan Begal di Bengkulu, Polisi: Ada Begal yang Menangis Mohon Ampun

"Gak tahu ditabrak gak tahu ditendang. Yang dibonceng langsung turun dan merebut motor. Motornya langsung di bawa sama pelaku," ucap Sri.

Akibat aksi kriminal jalanan itu, Sri mengalami patah tulang di kaki sebelah kanan sehingga ia terpaksa harus beraktivitas menggunakan kursi roda.

"Pas dirontgen, ternyata patah tulang akibat kecelakaan. Setelah kejadian itu langsung lapor polisi," sebutnya.

Aksi kejahatan di Jalan Bunisari itu bukan peristiwa pertama yang dialami olehnya. Beberapa tahun sebelumnya, Sri sempat dijambret oleh orang tak dikenal di lokasi yang sama.

"Cuma waktu itu, handphone sama tas saya yang dibawa. Motor mah enggak. Nah yang sekarang barang sama motor," tuturnya.

7 pelaku kriminal jalanan ditangkap polisi

Tak berselang lama, laporan Sri ditindaklanjuti oleh jajaran Satreskrim Polres Cimahi. Polisi memeriksa rekaman kamera CCTV dan mengidentifikasi pelaku pembegalan.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono menyebutkan, dari hasil penyelidikan, 2 pelaku pembegalan di Jalan Bunisari, Gadobangkong, akhirnya diringkus.

Para pelaku ini merupakan komplotan begal yang sengaja mengincar sepeda motor untuk diperjualbelikan.

Selain pelaku yang merampas kendaraan Sri, polisi juga menangkap pelaku lain yang berperan sebagai penadah.

"Totalnya ada 7 orang pelaku. 2 di antaranya yang beroperasi atau melakukan tindakan pencurian dengan kekerasan," sebut Aldi.

Untuk  motor Sri, setelah pelaku pembegalan tertangkap, motor sudah dikembalikan kepada pemiliknya. Mendapat motornya kembali, Sri mengaku bahagia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com