Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kepadatan Arus Mudik 2023, Tol Cipali Lebarkan Lajur ke-3

Kompas.com - 10/03/2023, 17:11 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali melakukan pelebaran lajur ketiga, di sejumlah titik di jalur Tol Cipali, Jumat (10/3/2023).

Pelebaran lajur ke-3 ini dimulai dari kilometer 72+109 sampai dengan Kilometer 85+850 serta beberapa titik di kawasan Rest Area Km 86, Km 101, Km 102 dan Km 130 arah Cirebon dan Jakarta.

Pelebaran beberapa titik ini dilakukan secara simbolik dengan peletakan batu pertama (ground breaking) di Km 130 Tol Cipali Kabupaten Indramayu.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Bus Pariwisata Angkut 63 Orang ke Jogja, 5 Orang Tewas

 

Pengerjaan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi potensi kepadatan saat momen arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2023.

General Manager Operasi PT Astra Tol Cipali Sri Mulyo menyampaikan, pengerjaan pelebaran lajur ke 3 membutuhkan waktu beberapa bulan. Namun, pengerjaan akan diprioritaskan ke titik yang mendekati kawasan rest area.

"Alasan diprioritaskan, karena ini waktunya kan mepet untuk menghadapi lebaran, ga mungkin selesai semuanya. Mungkin selesainya di Oktober, nah untuk yang ini (mendekati rest area) untuk nanti antisipasi ada contra flow, jadi sudah kita siapkan menjelang rest area tadi," kata Sri Mulyo usai prosesi Ground Breaking.

Baca juga: Atasi Penumpukan Saat Arus Mudik di Tol Merak, Pemprov Banten Akan Bangun Rest Area

Sri Mulyo menargetkan, pelebaran jalur ketiga prioritas ini dapat dilakukan menjelang rest area dapat selesai pada 10 hari menjelang Idul Fitri.

Dia optimistis pelebaran jalur ketiga untuk antisipasi kepadatan, akan selesai menjelang musim mudik 2023.

Dalam kegiatan ini turut hadir Group Chief Operating Officer Astra Infra Kris Ade Sudiyono, Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis, Direktur Operasi Agung Prasetyo dan Chief Executive Astra Infra Solutions Ega N Boga.

Firdaus Azis, Presiden Direktur Astra Tol Cipali, menyampaikan proyek pelebaran lajur ke-3 yang dilakukan merupakan salah satu bentuk keseriusan Astra Tol Cipali dalam mewujudkan pelayanan prima kepada pengguna jalan.

Pelebaran lajur ke-3 dilakukan secara bertahap yang dimulai tahun 2023. Hal ini berdasarkan kajian studi trafik dan kondisi lalin di Tol Cipali.

Lokasi pelebaran ini dilakukan di lokasi prioritas yaitu Km 72-85 dan di depan Rest Area Km 86 arah Cirebon dan Jakarta, Km 101-102 serta Km 130 arah Cirebon dan Jakarta.

"Pada prinsipnya kami siap melakukan percepatan pelebaran pada tahun-tahun berikutnya berdasarkan studi trafik dan evaluasi kondisi lalin yang memang dirasa perlu untuk melakukan pelebaran pada lokasi lainnya,” ungkap Firdaus Azis, dalam keterangan rilis.

Astra Tol Cipali menunjuk PT Astra Infra Solutions (AIS) selaku Project Management Consultant (PMC) pekerjaan pelebaran lajur ke-3.

Serta menunjuk Konsultan Supervisi Paket 1 yakni PT Mitrapacific Consulindo International dan Konsultan Supervisi Paket 2 adalah PT Indec Internusa.

Dalam pelaksanaannya, pekerjaan pelebaran lajur ke-3 dibagi menjadi 2 paket yaitu Paket 1 yaitu Km 72+ 109-Km 80+000 dan Rest Area Km 130 yang dikerjakan oleh Wika.

Sedangkan Paket 2 dimulai dari Km 80+000-85+850 dan Rest Area 86, Km 101 dan Km 102 arah Cirebon dan Jakarta yang dikerjakan oleh Acset.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com