Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Dilalui Pemudik, Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh 15 April 2023

Kompas.com - 30/03/2023, 01:44 WIB
Aam Aminullah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) akan beroperasi sepenuhnya pada 15 April 2023 atau sepekan menjelang Idul Fitri.

Sehingga, pemudik dapat melewati akses Tol Cisumdawu dari Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Baca juga: Tarif Tol Cisumdawu 2023

Diketahui, saat ini Tol Cisumdawu baru beroperasi dari Seksi 1, Cileunyi, hingga Seksi 4, Gerbang Tol Cimalaka.

Baca juga: Kabar Gembira, Bandung-Kertajati Tersambung Tol Cisumdawu 15 April

"Informasi dari Kementerian Perhubungan dan PUPR, jalur Tol Cisumdawu sesi 4, 5, dan 6 akan dibuka pada 15 April 2023. Sehingga nanti, akses Tol Cisumdawu ini sudah dapat beroperasi sepenuhnya," ujar Dony kepada Kompas.com, melalui WhatsApp, Rabu (29/3/2023).

Dony menuturkan, untuk memastikan kesiapan jalur Tol Cisumdawu jelang beroperasi penuh, dia bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumedang beserta jajaran Citra Karya Jabar Tol (CKJT) telah melakukan monitoring jalur Tol Cisumdawu Sesi 4, 5 dan 6 yang berakhir di Gerbang Tol Ujungjaya Utama, Rabu siang.

"Hasil monitoring siang tadi, seksi 4, 5, dan 6 ini dimungkinkan sudah bisa fungsional seperti yang diharapkan. Jadi, nanti bisa digunakan untuk akses mudik dan tentunya, akan mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan di Sumedang," tutur Dony.

Dony menyebutkan, meski terkesan dikejar target, pihaknya berharap kualitas pekerjaan tetap terjamin. Sehingga keamanan dan kenyamanan pengguna tol menjadi prioritas.

"Kami ingin jalurnya aman dan nyaman bagi pemudik dan bersama unsur terkait lainnya, kami akan terus monitoring untuk fasilitasnya," sebut Dony.

Sementara, terkait jalur mudik Lebaran 2023, Pemkab Sumedang siap untuk menyukseskan kelancaran arus mudik tahun ini.

"Insya Allah, Pemkab Sumedang bersama Forkopimda akan support secara full untuk kelancaran arus mudik, khususnya untuk kelancaran fungsional jalan tol ini," kata Dony. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com