Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Ungkap Kemungkinan Golkar Gabung Koalisi untuk Menangkan Anies Baswedan

Kompas.com - 31/03/2023, 10:00 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masih membuka kemungkinan Partai Golkar bergabung dalam Koalisi Perubahan.

Sebelumnya, sinyal akan bergabungnya Partai Golkar ke Koalisi Perubahan terlihat saat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, AHY,  calon presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan, perwakilan PPP yaitu Waketum PPP Rusli Effendi, Kader Senior Partai Golkar Jusuf Kalla dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi di NasDem Tower pada Minggu (26/3/2023).

Sinyal itu diperkuat oleh politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla memberikan arahan kepada Airlangga agar partainya bergabung ke Koalisi Perubahan.

"Terkait wacana sejumlah pihak (yang akan bergabung) dengan tiga partai pengusung utama, menurut saya sangat dimungkinkan yang jelas kami bersahabat berkomunikasi dengan partai politik lainnya. Yang jelas siapa pun yang bergabung ya harus benar-benar memiliki visi misi sama," ujar AHY saat ditemui usai Safari Ramadhan di Bandung Barat, Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Nasdem: AHY Lebih Ganteng, Prabowo Lebih Kaya, tapi 2024 Wis Wayahe Anies

AHY tak mau terburu-buru membuka hubungan Koalisi Perubahan dengan Partai Golkar.

Namun hingga saat ini, AHY masih melakukan komunikasi intens dengan tiga partai politik anggota Koalisi Perubahan yakni Partai Demokrat, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Yang jelas per hari ini, yang semakin intensif komunikasinya ketiga partai, partai Demokrat, PKS, dan Nasdem. Kami juga terus meningkatkan intensitas pertemuan dan juga menyamakan bukan hanya visi misi tetapi juga sudah mulai membicarakan strategi pemenangan yang efektif," sebut AHY.

Baca juga: Jika Tak Dipilih Jadi Cawapres, AHY Diprediksi Tinggalkan Anies karena Tak Dapat Limpahan Elektoral

Sementara untuk mengejar target-target menjelang Pemilu pada 2024, AHY menyampaikan Koalisi Perubahan memiliki strategi sendiri untuk mencapai pemenangan Anies Baswedan.

"Untuk Pilpres juga kami ikhtiarkan mudah-mudahan Koalisi Perubahan ini benar-benar terbentuk secara solid sehingga mampu mengusung pemimpin yang mampu memimpin Indonesia ke depan, melakukan perbaikan-perbaikan seperti yang diharapkan masyarakat banyak," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com