Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2023, 22:05 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber Antara

BANDUNG, KOMPAS.com - Stasiun kereta Gedebage di Kota Bandung, Jawa Barat diaktifkan untuk mengangkut dan menurunkan penumpang lokal mulai 1 Juni 2023, saat Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

Manajer Humas KAI Daop 2 Mahendro Trang Bawono mengatakan, stasiun Gedebage rencananya dapat melayani penumpang Commuter Line.

"Nanti seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023, direncanakan Stasiun Gedebage bisa melayani naik-turun penumpang Commuter Line," kata Mahendro di Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Polisi Larang Drone dan Layangan Diterbangkan di Sekitar Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Stasiun Gedebage sebelumnya belum pernah digunakan untuk angkutan penumpang.

Sebab, stasiun ini didesain untuk pengangkutan barang karena lokasinya berada di Terminal Petikemas Gedebage.

Nantinya, kata dia, kereta api yang berhenti di stasiun Gedebage dapat mengangkut dan menurunkan penumpang Kereta Commuter Line Bandung Raya dan Commuter Line Garut.

Sementara itu, EVP Daop 2 Bandung Takdir Santoso mengatakan pemberlakuan Gapeka 2023 yang menggantikan Gapeka 2021 itu bakal menyebabkan percepatan waktu tempuh perjalanan kereta api.

Sehingga menurutnya kereta api yang melintas wilayah Daop 2 akan melaju lebih cepat.

"Beberapa lintas yang mengalami peningkatan kecepatan perjalanan KA yakni pada lintas, Padalarang - Cicalengka, serta Ciawi - Banjar. Pada kedua lintas tersebut, kecepatan KA bisa mencapai 105 kilometer per jam dari yang sebelumnya hanya 90 kilometer per jam," kata Takdir.

Baca juga: Kabel Listrik Diduga Tersambar Petir, Perjalanan KRL Rangkasbitung-Tanah Abang Terganggu

Untuk itu, dia mengingatkan agar masyarakat yang berada di sekitar jalur KA untuk lebih waspada dan berhati-hati dan tidak melakukan aktivitas di jalur KA.

"Kami berharap masyarakat turut berpartisipasi menciptakan keselamatan bersama dan kelancaran perjalanan kereta api. Jika ada yang bermain atau melakukan kegiatan di jalur kereta api, jangan segan-segan untuk memberikan pengertian atau teguran," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com