Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Patung Buddha Tidur di Vihara Buddha Dharma

Kompas.com - 31/05/2023, 21:06 WIB
Puspasari Setyaningrum

Editor

KOMPAS.com - Vihara Buddha Darma & 8 Pho Sat yang berada di Jalan Raya Parung, Tajur Halang, adalah tempat ibadah yang menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Vihara ini terkenal karena keberadaan patung Buddha Tidur raksasa yang menyerupai patung Sleeping Buddha di Hatyai, Thailand.

Patung ini merupakan salah satu patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia dan satu-satunya di Jawa Barat, dengan panjang 18 meter dan tinggi 5 meter.

Baca juga: Ada Patung Buddha Tidur Raksasa di Vihara Dhammadipa Arama Kota Batu

Dilansir dari laman depok.tribunnews.com (12/1/2023), Andrean menjelaskan bahwa tempat ibadah ini didbangun oleh Andy Suwanto Dhanujaya.

Andy Suwanto Dhanujaya adalah pendiri sekaligus pembina Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat.

"Pak Andy Suwanto yang memelopori berdirinya Vihara Buddha Darma & 8 Pho Sat ini pada 2006," kata Andrean, pengurus Vihara Buddha Darma & 8 Pho Sat pada Rabu (11/1/2023).

Namun pada awal pembangunannya, bentuk Vihara belum seperti ini dan patung Buddha Tidur pun belum ada.

Baca juga: Patung Buddha Tidur, Ikon Maha Vihara Majapahit di Mojokerto

Dilansir dari wartakota.tribunnews.com (16/5/2022), pembangunan patung Buddha Tidur yang menghabiskan batu kali sebanyak 15 truk dan 500 semen.

Patung Buddha tidur ini merupakan sosok Siddharta Gautama, sementara posisinya menggambarkan detik-detik wafatnya Buddha Gautama yang dalam ajaran Buddha disebut Buddha Mahaparinibbana.

Baca juga: Patung Buddha Tidur Sepanjang 3 Meter Bakal Hiasi Plaza Balai Kota Selama Perayaan Waisak di Solo

Dilansir dari laman resmi Kecamatan Tajur Halang, patung Buddha Tidur dengan posisi menghadap ke kanan, dengan kepala yang ditadah dengan telapak tangan kanan diyakini memiliki arti religi yang sangat tinggi.

Diakui pengurus vihara, patung dengan mata yang terpejam dan senyum yang terpancar di wajahnya memiliki arti, ketenangan dan kedamaian.

Sedangkan posisi Buddha tertidur ini melambangkan meditasi sang Buddha saat mendapat pencerahan.

Dilansir dari laman depok.tribunnews.com, Vihara Buddha Darma juga memiliki 8 Pho Sat yang merupakan sebutan untuk para dewa yang telah mencapai tingkatan Bodhisatva sehingga akan menjadi calon seorang Buddha

Delapan Pho Sat di Vihara ini mencakup Kuan See Iem Pho Sat, Mie Lek Pho Sat, Hie Kong Cong Pho Sat, Pho Hian Pho Sat, Kim Kong Cing Pho Sat, Biau Kiat Siang Pho Sat, Tie Kai Ciang Pho Sat, Tee Cong Ong Pho Sat dan Taysuhu Sakyumuni Ji Lay Hud.

Vihara Buddha Dharma yang berlokasi di Tajurhalang, Kabupaten Bogor dikenal karena memiliki patung Buddha Tidur raksasa yang menyerupai patung Sleeping Buddha di Hatyai, Thailand.
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne Vihara Buddha Dharma yang berlokasi di Tajurhalang, Kabupaten Bogor dikenal karena memiliki patung Buddha Tidur raksasa yang menyerupai patung Sleeping Buddha di Hatyai, Thailand.

Terbuka untuk Wisatawan

Meski berfungsi sebagai tempat peribadatan umat Buddha, namun banyak juga wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Vihara ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com