Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Ambruk Diterjang Hujan Deras di Cirebon, Satu Orang Tertimbun Reruntuhan

Kompas.com - 26/10/2022, 20:58 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Sebuah rumah di kawasan Surapandan Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, ambruk diterjang hujan deras dan angin kencang pada Selasa (25/10/2022) malam.

Asbes, batu bata, kayu dan material lainnya menimbun beberapa orang yang ada di dalamnya. Akibatnya, satu orang luka-luka hingga dibawa ke rumah sakit.

Rumah Suwanda, warga kawasan Surapandan masih tampak rusak pada rabu (26/10/2022) siang. Bagian atap dari depan hingga belakang rumah ambruk total. Bahkan tembok sisi timur rumah ini rata dengan tanah.

Baca juga: Banjir Cirebon Hari Ini: 3 Kecamatan Terendam, 4.239 KK Terdampak

Pemilik rumah dan warga sekitar belum berusaha merapihkan karena masih trauma. Bahkan Suwanda masih tampak penuh luka di bagian wajah dan tangah.

Kerusakan ini terjadi akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Selasa petang hingga malam.

Rumah yang baru dibangun sepuluh bulan lalu itu tidak kuat bertahan dengan hantaman hujan lebat yang berlangsung selama beberapa jam.

Akibat kejadian ini, hampir sebagian besar perabot rumah rusak. Seperti lemari pakaian, televisi dan lemarinya, serta beberapa perabot yang berada di ruang tengah.

Tak hanya merusak perabot, reruntuhan rumah ini juga menimpa Suwanda. Saat kejadian, dia sedang berada di ruang tengah.

Suwanda mengalami luka di bagian kepala, pelipis, dan sekitar wajah lainnya. Bahkan pundak serta lengan kanan dan kirinya luka terkena reruntuhan.

“Posisi lagi pada duduk di dalam. Reflek tiba tiba ambruk. Hujan deras beberapa jam. Yang pertama kali roboh bagian samping, langsung kena asbes dan bebatuan,” kata Suwanda saat ditemui Kompas.com di rumahnya.

Baca juga: Razia Apotek, Polresta Cirebon Sita Ratusan Botol Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

Warga bersama keluarga yang selamat langsung membawa Suwanda ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan.

Beruntung istri serta lima orang lainnya yang terdiri dari saudara, anak, dan lainnya, aman dari material reruntuhan.

Lurah Argasunya, Mardiansah menyampaikan, hujan deras turun sepanjang Selasa petang hingga malam kemarin. Hujan tersebut disertai angin kencang dan beberapa kali petir.

Terkait kerusakan yang terjadi pada rumah Suwanda, Mardiyansah memberikan sembako untuk dapat dikonsumsi korban.

Dirinya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah utamanya Dinas Sosial, serta Pemukiman dan Perumahan.

“Kami mengimbau seluruh warga untuk waspada, karena curah hujan tidak menentu. Kami akan terus siaga dan terus berkoordinasi kepada banyak pihak untuk mengantisipasi sekaligus mencari solusi apabila terjadi sebuah peristiwa,” kata Mardiyansah di depan rumah Suwanda usai memberikan bantuan.

Mardiansah memastikan, berdasarkan data tiap RW, kejadian pasca-hujan deras dan angin kencang hanya terjadi di rumah Sunanda.

Meski demikian, ia mengimbau masyarakat untuk waspada dalam kondisi saat ini.

Berdasarkan informasi, imbas hujan deras dan angin kencang membuat sebagian wilayah di Kota Cirebon banjir. Air menggenangi beberapa wilayah seperti Jalan Ciptomangunkusumo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com