Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Video Viral Polisi Matikan Kebakaran Ilalang di Km 49 Tol Japek

Kompas.com - 31/10/2022, 20:53 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Video Kapolsek Telukjambe Timur, Polres Karawang AKP Ryan Faisal memadamkan api kebakaran ilalang di pinggir ruas jalan tol Jakarta-Cikampek Kilometer 49 viral di media sosial.

Dalam video tersebut, Ryan terlihat memadamkan api hanya dengan ranting pohon. Nampak juga rerumputan yang telah gosong terbakar.

Kepada awak media, Senin (31/10/2022), Ryan mengatakan, sekitar pukul 13.00 WIB, ia mendapatkan laporan dari warga adanya kebakaran ilang-ilang di pinggir Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Dicopot Usai Video Viral Menikah Lagi Tanpa Izin, Eks Kapolres Muara Enim Irit Bicara

Usai melakukan PAM pengamanan, Ryan kemudian mencari tahu titik kebakaran. Ia menyisir melalui kawasan Karawang International Industrial City (KIIC). Ia pun menemukan titik api berada di Kilometer 49+900.

"Setelah menemukan titik api, saya langsung menghubungi pemadam kebakaran yang ada di kawasan (industri) melalui HT (Handy Talky)," kata Ryan.

Khawatir api segera menyebar ke pemukiman, Ryan berinisiatif memadamkan api yang sudah menjalar hampir 100 meter.

Baca juga: Video Viral Pria di Palu Nyaris Diterkam Buaya, Ini Penyebabnya

Ia juga khawatir asap akan menggangu penglihatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dan memicu kecelakaan seperti yang terjdi di ruas jalan tol Pejagan beberapa waktu lalu.

"Saya ambil ranting, kemudian saya gebuk-gebuk ke titik api. Beberapa warga yang ada di belakang tol juga yang melihat kemudian ikut membantu," ujar Ryan.

Ryan menyebut, butuh waktu sekitar 20 menit hingga api berhasil dipadamkan. Ia, anggotanya, dan warga memadamkan api yang terjauh dahulu lantaran khawatir merambat ke pemukiman.

"Setelah itu petugas pemadam kebakaran datang dan melakukan pendinginan di sekitar lokasi untuk memastikan api tidak muncul kembali," ujar dia.

Ryan menyebut kebakaran diduga terjadi akibat adanya sisa batu bara yang tercecer dari mobil yang mengalami kecelakaan di lokasi tersebut.

"Karena panas, ceceran bara menyulut rerumputan kering di lokasi (Km 47)," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com