Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner Legendaris Soto Gempol Karawang, Harga, Alamat, dan Jam Buka

Kompas.com - 23/01/2023, 16:32 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Soto Gempol Karawang, merupakan salah satu makanan legendaris dari kabupaten yang berjuluk Kota Lumbung Padi.

Dari tampilannya, Soto Gempol sekilas mirip soto Betawi. Namun begitu menyantapnya, siapapun bakal menemui rasa berbeda.

Rasa gurih dan kuah santan kental menjadi pembedanya. Ditambah rempah-rempah asli khas nusantara yang menambah nikmat rasanya. Daging sapinya pun empuk.

Baca juga: Petis Bumbon, Makanan Legendaris Semarang yang Hanya Ada Saat Ramadhan

"Kalau biasa menyantap pasti tahu bedanya dengan soto lainnya," kata Nurlela (54), pemilik Soto Gempol Karawang.

Soto Gempol Karawang bertambah nikmat jika disantap dengan emping melinjo dan acarnya yang khas.

Nurlela menyebut, Soto Gempol disajikan dengan resep yang konsisten dari neneknya, Siti Khotijah.

Baca juga: 7 Kuliner Legendaris Surabaya, Ada Rawon Kalkulator dan Rawon Setan

Siti Khotijah memulai meracik Soto Gempol sejak 1965. Saat itu, masih berupa warung kecil di Kampung Gempol, yang hingga kini melekat pada namanya. Namun usaha Soto Gempol baru mulai stabil pada 1970.

"Saya generasi ketiga, sebelumnya oleh ibu saya, Siti Fatimah," ujar dia.

Rumah Makan Soto Gempol Karawang, salah satu makanan legendaris dari Kota Lumbung Padi di Jalan Ranggagede, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat.KOMPAS.COM/FARIDA Rumah Makan Soto Gempol Karawang, salah satu makanan legendaris dari Kota Lumbung Padi di Jalan Ranggagede, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat.

Nurlela menyebutkan, hingga kini ia selalu konsisten dengan resep warisan neneknya. Juga soal menjaga kualitas bahan baku. Misalnya dibuat dengan daging pilihan.

"Kita jaga misalnya jangan sampai bahan bahan baku dan bumbu ada yang dikurangi. Bahkan kata konsumen, acar kami beda," kata dia.

Satu porsi Soto Gempol daging sapi harganya Rp 35.000 per porsi. Tersedia juga soto campur dan soto ayam dengan harga Rp 33.000 per porsi.

Dalam sehari, sekitar 300 mangkok soto gempol ludes. Jika akhir pekan atau hari libur, pengunjung lebih ramai dari biasanya.

Soto Gempol Karawang berlokasi di Jalan Ranggagede, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. Atau bisa diakses melalui https://g.co/kgs/TE6Rw6.

"Kami buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 21.00 malam," ujar Nurlela.

Di tempat ini, sahabat bisa menikmati Soto Gempol Karawang sembari menyaksikan kereta api melintas. Sebab, lokasinya dekat dengan lintasan kereta api.

Selain di Jalan Ranggagede, Soto Gempol Karawang bisa dinikmati di Resinda Food Fest.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com