Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayap Garuda IKN Karya Nyoman Nuarta Dikirim dari Bandung, Ditargetkan Mei 2024 Selesai

Kompas.com - 30/08/2023, 20:03 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Bilah-bilah rangka sayap garuda untuk pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, di Kabupaten Penajam Paser Kalimantan Timur (Kaltim) mulai dikirim.

Bangunan dengan desain berbentuk burung garuda mengepakkan sayap itu merupakan karya dari seniman asal Bandung, Nyoman Nuarta.

Sebanyak 80 bilah sayap atau delapan modul berbahan tembaga dan kuningan mulai diangkut dari NuArt Sculpture Park, Jalan Setra Duta, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: ASN Pindah ke IKN Tahun Depan, Pemerintah Mulai Bangun 49 Tower Rusun

Pengiriman bilah-bilah sayap garuda itu diperkirakan memakan waktu sepekan melalui jalur darat menggunakan truk kontainer melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan melalui jalur laut sampai ke Kalimantan Timur.

Nyoman menjelaskan, proses pembuatan bilah-bilah Istana Presiden sampai saat ini tengah dikebut. Dari total 4.678 bilah, saat ini sudah mencapai 3.477 bilah kuningan dan 528 rangka bilah perforated weathering steel rampung dikerjakan.

“Kami kerjakan ini sejak Maret 2023. Total seluruh bilahnya akan mencapai 4.678 bilah. Kami berharap di Oktober 2023 bilah kuningan sudah selesai semuanya. Sedangkan untuk bilah rangka perforated, kami harap selesai dikerjakan di Bandung pada Februari 2024,” kata Nyoman saat ditemui di NuArt Sculpture Park.

Dalam pembuatan gedung Istana Presiden berbentuk patung garuda itu, Nyoman dibantu 242 orang seniman. Dengan ratusan artisan tersebut, diharap seluruh bilah sayap bisa rampung sesuai jadwal.

Baca juga: Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan Siang Ini Imbas Demo Ojol di Patung Kuda

“Seluruh proses perancangan Istana Presiden, dikerjakan bersama 70 orang ahli dari berbagai disiplin ilmu untuk memastikan seluruh bangunan presisi serta memiliki kekuatan jangka panjang,” paparnya.

Pengiriman bilah sayap garuda karya Nyoman ini dilakukan secara bertahap dengan target selesai dikirim pada Oktober 2023, sementara pemasangan bilah sayap garuda ditargetkan rampung pada Mei 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com