Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Kuliah Umum di Unpar, Ganjar Bahas Peran Pemuda di Dunia Politik

Kompas.com - 11/10/2023, 14:47 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo memberikan kuliah umum di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Ganjar membahas topik "Demokrasi dan Partisipasi: Peran Pemuda dalam Masa Depan Politik Indonesia".

Menurut Ganjar, pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam membangun bangsa dan negara Indonesia. Bisa melalui jalur politik yakni masuk ke dalam partai politik dan berupaya mengubah regulasi.

Baca juga: Survei Poltracking: di Jatim Elektabilitas Prabowo 40,6 persen, Ganjar 38,2 persen, dan Anies 13,6 persen

Selain itu, pemuda juga bisa bergerak di luar jalur politik dengan berbagai keahlian yang dimilikinya. Namun tujuannya sama, yakni untuk membangun negara ini agar bisa lebih baik lagi.

"Ada banyak cara untuk membangun dan berkontribusi, orang-orang yang pernah masuk ke dalam partai politik dan sampai saat ini masih, dan kemudian ada meritokrasi disana, maka itu menjadi salah satu pilihan," kata Ganjar kepada awak media, Rabu (11/10/2023).

"Tapi, banyak sekali sosio preneur yang muncul sebagai aktivis mereka di Ormas, di LSM juga bisa berkontribusi. Tapi semuanya tidak diam. Semua beraktivitas. Semuanya terlibat berbicara memecahkan persoalan-persoalan," tambahnya.

Ganjar menilai, saat ini banyak pemuda yang mulai berperan aktif dalam berbagai isu kekinian. Disebutkannya, itu merupakan hal yang positif.

"Apakah itu isu lingkungan apakah itu soal kemiskinan, soal anti korupsi, soal kepedulian terhadap kelompok perempuan, anak-anak penyandang disabilitas. Maka rasa-rasanya diskusinya hari ini menjadi jauh lebih menarik lebih hidup," ucap Ganjar.

Dia menambahkan, dirinya sangat senang bisa hadir di Unpar memberikan materi kuliah umum, terlebih saat mahasiswa antusias mengajukan berbagai pertanyaan.

"Saya senang saya melihat aura yang muncul dari mereka dari matanya dari bicaranya itu mahasiswa antusias juga. Tinggal diberikan saja ruang kesempatan untuk mereka bisa terlibat," ucapnya.

Baca juga: Anies Sebut Kuliah Umum Sarana Tepat Umbar Pemikiran Jelang Pilpres

Sementara itu, Rektor Unpar Tri Basuki Joewono mengatakan, pihaknya mengundang tiga bacapres yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Namun yang hari ini datang hanya Ganjar Pranowo.

"Kami mengundang tiga calon presiden hari ini konfirmasi hanya Bapak Ganjar," katanya.

Tujuan Unpar menyelenggarakan acara kuliah umum dengan menghadirkan tiga bacapres untuk mengenalkan politik kepada generasi muda.

"Tiga yang kami undang, yakni untuk menjaga netralitas, independensi universitas menjadi penting. Kami tugasnya menyiapkan generasi muda terlibat politik," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com